10 Oleh-oleh Khas Kebumen Wajib Kamu Bawa Pulang!

  • Bagikan

Kebumen merupakan salah satu kota kecil yang masih kental dengan kearifian lokal. Disana kamu bisa menemukan sajian wisatanya dengan wisata kuliner yang bisa kamu bawa pulang ketika berkunjung atau melewati kota tersebut.

Berikut ini oleh-oleh khas kebumen yang bisa kamu bawa pulang!

1. Emping Melinjo

Emping melinjo Khas Kebumen salah satu makanan khas dari Kebumen. Ciri khas emping di kota ini adalah bahanya yang asli dari Melinjo tanpa ada tambahan dari bahan lainya. Sehingga rasanya pun lebih enak dibanding emping dari tempat lain.

2. Lanting

Lanting adalah salah satu makanan khas kebumen yang sudah terkenal di mana-mana. Lanting merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang diolah menjadi cemilin kripik. bentuknya pun menyerupai angka 8.

BACA JUGA :   Destinasi Wisata Asia Heritage Pekanbaru

3. Enting-enting

Enting-enting kacang jga sangat khas dari kebumen, makanan ini terbuar dari gula merah dan kacang yang dihaluskan lalu dimasak dan menjadi cemilan manis nan gurih.

4. Jipang Ketan

Berbeda dengan enting-enting yang terbuat dari kacang, Jipang juga dimasak dengan gula namun gula pasir. Bahanya pun terbuat dari Beras ketan yang disangrai.

5. Gula Merah

Kebumen yang terletak di sekitar pantai selatan sebagian merupakan pembuat gula merah. Hal ini juga yang membuat Kebumen terkenal dengan Gula Merahnya atau gula jawanya yang terkenal dengan bahan aslinya yakni air nira kelapa.

6. Jenang

Jenang Kutowinangun yang dikenal dengan Jenang Alot juga merupakan salah satu makanan khas asal Kebumen nih. Biasanya Jenang Alot juga kerap disajikan ketika ada hajatan. Bentuknya seperti dodol namun tidak lengket ketika dimakan.

BACA JUGA :   GUIDE FOR LORD HOWE ISLAND

7. Sate Ambal

Sate yang ada di Ambal memang berbeda dengan yang lainya, karena bumbunya yang menggunakan bahan tempe. Rasanya gurih dan sedap. Sate ini merupakan sate ayam. dari segi rasa sate ambal juga lebih manis dan gurih.

8. Olahan Yutuk

Yutuk atau undur-undur dimanfaatkan oleh penduduk pesisir Kebumen menjadi oleh-oleh khas yang krispi dan gurih. Yutuk biasa dimasak dengan digoreng krispi dengan atau tanpa tepung. Atau di masak menjadi peyek Yutuk.

9. Jipang kacang

Ada jipang ketan ada juga jipang kacang, bahanya dari kacang dan gula merah. berbeda dengan enting-enting jika jipang kacang menggunakan kacang yang utuh tanpa dihaluskan.

BACA JUGA :   Begini Upaya Pemkab Bogor Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi

10. Sagon Kelapa

Sagon kelapa merupakan salah satu kudapan yang disajikan ketika lebaran. Namun kepopuleran Sagon kelapa juga telah menjadi oleh-oleh yang banyak di cari pelancong kota Kebumen.

Itulah beberapa makanan khas kebumen yang bisa kamu jadikan oleh-oleh* Res

  • Bagikan