11 Menu Makanan Pengganti Nasi, Apa Saja?

  • Bagikan
pixby

JURNALMEDIA.ID – Masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan mengkonsumsi nasi dengan menu tambahan lauk pauk.

Namun, jika mengkonsumsi nasi terlalu banyak akan bisa menyebabkan masalah pada tubuh seperti kegemukan dan diabetes.

Karbohidrat sebagai sumber utama tubuh untuk mendapatkan energy. Setelah karbohidrat masuk ke tubuh dan diubah menjadi glukosa yang akan diserap ke sel-sel tubuh dengan bantuan hormon insulin.

Jika karbohidrat yang dikonsumsi terlalu banyak, hormon insulin beresiko tidak mampu membantu glukosa terserap ke sel-sel tubuh. Berikut 11 Menu makanan pengganti nasi, apa saja?

1. Jagung

Di beberapa daerah di Indonesia menjadikan jagung sebagai bahan menu utama. Dalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan terdapat vitamin B.

BACA JUGA :   Cegah Stunting, Istri Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kabupaten Bogor Lakukan Roadshow Bulan Bakti
 pixby

Selain itu, jagung juga mengandung serat, magnesium, fosfor dan vitamin C yang berguna untuk tubuh.

2. Kentang

Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat dan memiliki lebih banyak nutrisi penting seperti vitamin B6, vitamin C, Kalium, protein, omega-3, omega-6 dan zat besi.

pixby

Kulit kentang juga mengandung sekitar 4 gram serat yang bisa memenuhi sekitar 15 % kebutuhan harian.

Disarankan kentang tidak digoreng karena akan menambah asupan lemak, sebaiknya memasak kentang dengan cara dipanggang, dikukus dan direbus.

3. Pisang

Pisang makanan pengganti nasi karena pisang kaya akan kandungan karbohidrat yang kadar karbohidratnya bisa mencapai 23% dari total nutrisi.

pixby

Pisang juga kaya akan kalium, vitain B6 dan vitamin C. Kandungan kalium juga dipercaya untuk membantu menurunkan tekanan darah dan baik untuk kesehatan jantung.

BACA JUGA :   Percepat Capaian Vaksin, Satgas Covid-19 Kota Banjar Sasar PKL dan Pengunjung GBI

4. Singkong

Singkong sangat mudah ditemukan di Indonesia yang dipercaya dapat mengobati dehidrasi, kelelahan, sepsis namun hal ini perlu dibuktikan kembali secara ilmiah.

pixby

Kandungan gizi dalam singkong mirip dengan kentang, Singkong mengandung zat kimia glikosida sianogen yang dapat melepaskan sianida dalam tubuh.

Disarankan untuk membersihkan singkong dengan benar agar mencegah keracunan sianida sebelum singkong dikonsumsi.

4. Ubi

Ubi bisa menjadi makanan pengganti nasi karena berbeda karbohidrat dari nasi putih. Ubi yang sudah diolah mengandung sekitar 18-21% karbohidrat.

  pixby

Karbohidrat pada ubi mengandung lebih banyak serat dan lebih sedikit gula.

5. Oats

Oats yang terbuat dari gandum utuh kaya kandungan vitamin, mineral dan antioksida. Berbeda dari nasi yang tidak dianjurkan untuk penderita diabetes, oats dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol di tubuh.

BACA JUGA :   5 Makanan Khas Sumedang Unik dan Lezat
 pixby

6. kembang Kol

Kembang Kol bisa diolah menjadi nasi yang sehat dan kaya serat, cukup dengan memotong kembang kol menjadi kecil-kecil kemudian di blender tanpa air hingga menyerupai nasi.

pixby

Nasi dari kembang kol hanya mengandung 25 kalori dan 5 gram karbohidrat. Selain itu kembang kol juga termasuk salah satu sayuran yang kaya dengan antioksidan.

BACA JUGA : 6 Menu Sarapan Khas Kota Bogor, Ada Doclang Bumbu Kacang dicampur Rempah

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.