7 Makanan Khas Bandung Wajib Banget Kalian Coba

  • Bagikan
image.pinterest

JURNALMEDIA.ID – Ibu Kota provinsi Jawa Barat, Bandung yang merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya.

Kota yang dijuluki Kota Kembang ini ternyata memiliki makanan khas yang wajib banget kalian coba. Jika berkunjung ke Kota Bandung jangan melewatkan beberapa makanan khas bandung yang unik dan lezat.

Nah, apa saja makanan khas Kota Bandung? Berikut 7 Makanan Khas Bandung yang wajib kalian coba.

1. Surabi

Surabi adalah makanan tradisional khas Bandung yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Adonan surabi dibakar diatas tungku dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari tanah liat.

surabi.pinterest

Dulu surabi Bandung hanya memiliki dua varian rasa yaitu rasa manis dengan saus kinca (air gula aren) dan rasa asin dengan bumbu oncom atau taburan oncom pedas diatasnya.

BACA JUGA :   7 Menu Makanan Khas Berbuka Puasa di Turki

Sekarang surabi sudah berinovasi menjadi kuliner dengan berbagai jenis saus dan toping.

2. Cilok

Cilok adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap dan saus.

cilok,pinterst

Nama cilok diambil dari kata “aci dicolok” yang artinya tepung kanji yang ditusuk. Makanan yang terbuat dari tepung kanji dan tambahan bumbu ini kemudian dikukus.

3. Cimol

Cimol terbuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat dan mengembang ketika di goreng. Cimol adalah jajanan cukup populer dengan tekstur renyah di luar dan lembut kenyal di bagian dalam. Biasanya cimol disajikan dengan aneka saus dan bumbu.

cimol.pinterest

4. Mie Kocok Bandung

BACA JUGA :   5 Makanan Terpedas di Dunia Bikin Nangis, Berani Coba?

Mie Kocok merupakan kuliner khas Bandung yang ada sejak tahun 1958 dengan kuah sapi kental. Mie kocok ini dicampur dengan kikil sapi, sayuran, tauge. bakso, taburan daun bawang dan seledri.

     pinterest.miekocok

Sajian mie ini disebut kocok karena dalam proses pembuatannya mie dan tauge dikocok dalam wadah loga sembari dicelup ke dalam air panas sampai matang.

5. Batagor

Nama batagor diambil dari kata “bakso tahu goreng” yang terbuat dari adonan ikan dan tepung tapioka yang dimasukkan ke dalam kulit pangsit kemudian di goreng.

pixbay

Makanan ini disajikan dengan bumbu kacang, kecap dan perasaan jeruk limau.

BACA JUGA : Diduga Korsleting, Trafo Listrik Milik PLN di Pangandaran Terbakar

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.