Kesehatan

7 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

324
×

7 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini
7 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

JURNALMEDIA.ID – 7 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Daun salam adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk memberikan aroma dan rasa khas pada masakan. Namun, tahukah Anda bahwa daun salam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Ya, daun salam ternyata mengandung berbagai nutrisi dan senyawa aktif yang dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Daun salam juga mudah didapatkan dan dapat diolah menjadi berbagai bentuk, seperti teh, minyak, atau bubuk. Ingin tahu apa saja manfaat daun salam untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini.

1. Menurunkan Kadar Asam Urat

Asam urat adalah kondisi yang ditandai dengan penumpukan asam urat di dalam tubuh, terutama di sendi. Asam urat dapat menyebabkan rasa nyeri, bengkak, dan meradang pada sendi yang terkena. Salah satu cara untuk mengatasi asam urat adalah dengan mengonsumsi daun salam. Daun salam mengandung senyawa aktif seperti kuersetin, miristin, dan mirisetin yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Selain itu, daun salam juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan pada sendi. Cara mengonsumsi daun salam untuk asam urat adalah dengan merebus 10-15 lembar daun salam dalam 10 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan daun salam ini dua kali sehari, pagi dan sore.

2. Menurunkan Gula Darah, Kolesterol, dan Trigliserida

Daun salam juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah, kolesterol, dan trigliserida di dalam tubuh. Kadar gula darah, kolesterol, dan trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Daun salam dapat membantu menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan trigliserida dengan cara meningkatkan efisiensi insulin, menghambat penyerapan kolesterol dan trigliserida di usus, dan menstimulasi pembakaran lemak. Daun salam juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, tanin, dan polifenol, yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Cara mengonsumsi daun salam untuk menurunkan gula darah, kolesterol, dan trigliserida adalah dengan mengeringkan daun salam dan menjadikannya bubuk. Tambahkan satu sendok teh bubuk daun salam ke dalam 200 ml air dan minum sebelum makan.

BACA JUGA :  Klinik khitan Modern dan Mutakhir Kini Hadir di Pangandaran

3. Mengatasi Sakit Perut dan Gangguan Pencernaan

Daun salam juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit perut dan gangguan pencernaan, seperti perut kembung, sembelit, diare, atau maag. Daun salam mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengeluarkan racun dari usus. Daun salam juga memiliki sifat antispasmodik yang dapat merelaksasi otot-otot perut dan mengurangi kram. Selain itu, daun salam juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi pencernaan. Cara mengonsumsi daun salam untuk mengatasi sakit perut dan gangguan pencernaan adalah dengan membuat teh daun salam. Rebus 5-10 lembar daun salam dalam 2 gelas air hingga mendidih. Saring dan minum teh daun salam ini dua kali sehari, pagi dan malam.

BACA JUGA :  RSUD Cibinong Latih Nakes Cara Pertolongan Pertama Kasus Gigitan Hewan Berbisa

4. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Daun salam juga dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres yang dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Daun salam mengandung zat bernama linalool yang dapat menurunkan kadar hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin, di dalam tubuh. Linalool juga dapat meningkatkan produksi hormon bahagia, seperti serotonin dan dopamin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan. Selain itu, daun salam juga memiliki aroma yang menenangkan dan dapat digunakan sebagai aromaterapi. Cara mengonsumsi daun salam untuk mengurangi kecemasan dan stres adalah dengan merebus 10 lembar daun salam dalam 5 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan daun salam ini sambil menghirup aromanya.