7 Manfaat Kimchi Untuk Kesehatan

  • Bagikan
kimchi.pinterst

JURNALMEDIA.ID – Bagi kamu pecinta drama korea pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini yakni Kimchi.

Kimchi merupakan makanan tradisional Korea yang berupa asinan sayur dari hasil fermentasi yang diberi bumbu sangat pedas.

Kimchi juga sering digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi atau kimchi jijigae, nasi goreng kimchi atau kimchi bokkeumbap dan berbagai masakan lainnya.

Tahukah kamu manfaat kimchi bagi kesehatan? Berikut 7 manfaat kimchi untuk kesehatan

1. Mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori

Kimchi mengandung bakteri yang baik yaitu Bakteri Lactobacillus yang berfungsi untuk organ pencernaan.

Terdapat kandungan vitamin A, vitamin B1, Riboflavin B2, Vitamin C, Kalsium dan Zat Besi. Karena Kimchi difermentasi seperti yogurt makanan ini mengandung bakteri sehat yang disebut sebagai Lactobacilli yang berguna sebagai proses pencernaan tubuh.

BACA JUGA :   7 Makanan Khas Bandung Wajib Banget Kalian Coba

2. Menurunkan kadar kolesterol

Kimchi terdapat bawang putih yang mengandung allicin dan selenium yang berguna untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di International journal of medicinal food bakteri baik yang dihasilkan dari Kimchi dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

4. Mengurangi Peradangan

Manfaat kimchi berguna untuk mengurangi peradangan dalam tubuh anda. Dalam salah satu penelitian mengenai Kimchi probiotik dan komponen aktif yang terkandung di dalamnya dapat berperan sebagai antiradang bagi tubuh.

5. Memperlambat penuaan

Senyawa fenolik, vitamin C, klorofil dan karatenoid yang terdapat dalam kimchi mampu memperpanjang sel dengan melawan radikal bebas.

BACA JUGA :   Yonif Raider 323/Buaya Putih Kostrad Laksanakan Vaksinasi Booster di Banjar

6. Mencegah infeksi jamur

Kandungan bakteri baik dalam kimchi juga berguna untuk pengobatan mengatasi infeksi jamur. Lactobacillus dalam kimchi berguna sebagai antimikroba terhadap jamur selain itu sulfide dan isosianat yang terkandung dalam Kimchi juga dapat berperan sebagai antimikroba.

7. Menurunkan berat badan

Karena terbuat dari sayuran segar, Kimchi mengandung kalori yang rendah, serat tinggi dan probiotik. Hal itu sangat berguna untuk menurunkan berat badan.(JIMI)

BACA JUGA : 7 Makanan Khas Bali Wajib Banget Kalian Coba

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.