8 Sambal Khas Indonesia Menggoyang Lidah

  • Bagikan
Sambal Khas Indonesia

Sambal meruapakan makanan khas Indonesia yang merupakan makanan sebagai pelengkap menyantap hidangan, meskipun sebagai makanan pelengkap namun kehadiran sambal ini menjadi sesuatu yang wajib ada untuk sebagian orang .

Sambal dengan bahan utama cabai memiliki Citarasa nya yang pedas menjadi sesuatu yang harus ada ketika kita menyantap hidangan utama atau bahkan cemilan . Hidangan menjadi mantap dan menggugah selera karena adanya sambal ini .

Berikut ini 8 macam sambal khas Indonesia yang bisa kamu coba buat dirumah

Sambal Tomat

Sambal ini mungkin jadi sambal yang paling sering kamu buat , selain bahanya yang mudah didapat hanya dengan bawang merah , bawang putih lalu tomat .

Sambal ini bisa kamu rebus terlebih dahulu atau digoreng dahulu tergantung selera kamu .

BACA JUGA :   8 Ide Jualan Makanan Viral dan Kekinian

Sambel bawang

Cara membuat sambal bawang gurih ini gampang banget dibikin sendiri. Rasa bawangnya yang khas cocok banget untuk teman makan, agar tambah enak kita bisa tambahkan minyak jelantah

Sambel Terasi

Sambel terasi bisa jadi sambal favorit banyak orang , untuk membuat nya cabai, bawang merah, bawang putih , tomat , penyedap rasa dan jangan lupa tambahkan terasi agar lebih mantap kita juga bisa menambahkan teri atau Pete .

Sambel Ijo

Sambel ijo adalah sambal jagoannya orang Padang nih , jika sambal yang lain menggunakan cabai merah , sambel dari Padang ini menggunakan sambal ijo , tapi jangan salah sambal ijo ini memiliki rasa yang tidak kalah nikmat dengan sambal lainya.

BACA JUGA :   Resep Tape Ketan Hitam Anti Gagal

Sambel kecap

Jika sambal yang lain diolah dengan cara di uleg , sambal kecap merupakan sambal yang pengolahanya dengan di iris menjadi kecil kecil, pertama cabai , bawang merah , tomat atau bisa kita tambahkan jeruk limau , lalu tambahkan kecap dan aduk . Sambal ini sangat cocok nih untuk ayam atau ikan bakar.

Sambal pecel

Jika sambal yang lainya memiliki peran utamanya adalah cabai, kali ini sambal pecel memiliki bahan utama kacang, kacang yang diolah dengan bumbu – bumbu sambal lainya sangat cocok untuk dimakan dengan sate, sayuran atau cemilan lainya .

Sambal Matah

Sambal Matah dari Bali ini terkenal dengan tampilannya yang eksotis khas pulau Dewata. Yang unik dari Sambal Matah ini adalah penyajiannya, Sambal Matah disajikan semi-mentah dan tidak digerus, seperti salad yang lezat dan pedas. Jadi semua bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, daun jeruk purut kesemuanya diiris halus dan perasan jeruk nipis dicampur jadi satu. Jangan lupa juga dikasih tiga batang serai ya.*RES

  • Bagikan