Berita

Dialog Harmonis Tokoh Agama Indonesia dalam Webinar Syiar Cinta

320
×

Dialog Harmonis Tokoh Agama Indonesia dalam Webinar Syiar Cinta

Sebarkan artikel ini
Dialog Harmonis Tokoh Agama Indonesia dalam Webinar Syiar Cinta: Sila Kedua Pancasila Dalam Perspektif Agama, Humanity Religion

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – Webinar Syiar Cinta ke-8 yang diselenggarakan oleh Khazanah Intelektual Muslim (KHATAM) Institute pada 27 Januari 2024 lalu, menjadi panggung bagi tokoh-tokoh agama Indonesia untuk bersatu dalam dialog mengenai “Sila Kedua Pancasila Dalam Perspektif Agama, Humanity Religion.”

Dalam keterangan resmi, Direktur KHATAM Institute, Andi Arifah, menyatakan bahwa tema ini dipilih sebagai respons terhadap tragedi kemanusiaan global, khususnya penjajahan dan genosida di Palestina.

Acara yang berlangsung melalui Zoom Meeting ini mengumpulkan sekitar 400 peserta dari berbagai lapisan masyarakat dan instansi. Menyajikan dialog mengenai humanisme religion, tokoh-tokoh terkemuka dari berbagai agama di Indonesia turut hadir.

Tokoh yang dimaksud termalsuk Guru Gembul dan Ir. M. Rusli Malik mewakili Islam, Swami Anand Krisna, Ph.D mewakili Santana Dharma, RM. Dr. Antonius Benny Susetyo mewakili Kristen, Ws. Sugiandi Surya Atmaja, S.Kom, M.Ag mewakili Khonghucu, dan Y.M. Bikkhu Dhammakaro Mahathera mewakili Buddha.

BACA JUGA :  Iwan Setiawan Luncurkan Kartu Bogor Cerdas Tahun 2023

Pada sesi pembukaan, Anwaruddin Ambary dari Pusat Kerukunan Umat Beragama KEMENAG menjadi keynote speaker dan mengapresiasi kegiatan Syiar Cinta, menyebutnya sebagai harapan besar untuk menciptakan kesatuan dalam perbedaan di Indonesia.

Andi Alpi AM, Dosen Ilmu Tafsir dan Sastra Arab Khatamun Nabiyyin, selaku moderator, menegaskan bahwa acara ini merupakan wadah bagi tokoh agama untuk saling memahami, mendorong kerukunan, dan menghindari pertikaian akibat kesalahpahaman agama.