Disnaker Kota Tasik Cetak 500 Orang Pelaku Usaha lewat WUB

  • Bagikan

TASIKMALAYA, JURNALMEDIA.ID – Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya, melaksanakan pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) kepada 150 orang peserta, Selasa 07 Juni 2022. Pelatihan dilaksanakan selama 14 hari, termasuk 9 hari pelatihan teori dan pemagangan selama 5 hari.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Rahmat Mahmuda, memgatakan, selama 5 tahun, Disnaker memiliki target sebanyak 500 peserta dari 5000 peserta yang ditargetkan Pemerintahan Kota Tasikmalaya sesuai janji politik pemerintahan Budi-Yusuf. Dan target tersebut sudah tercapai.

“Alhamdulillah, ini tahun terakhir pelatihan WUB, kami ditargetkan 500 peserta WUB selama lima tahun ini, dan alhamdulillah tercapai,” terang Rahmat kepada media.

Adapun teknik pelaksanaannya, Rahmat mengatakan ada di bidang masing masing. “Tekniknya bisa dijelaskan oleh bidang ya,” tambahnya.

BACA JUGA :   Plt Kapolres Pangandaran Takziah ke Rumah Duka Almarhum yang Tewas Tertabrak Moge

Nining Herlina, Kepala Bidang Pelatihan pada Dinas Tenaga Kerja mengatakan, untuk tahun ini ada empat jurusan yang dilatihkan, yakni Tata Busana, Tata Boga, Tata Kecantikan Kulit, Tata Rias Pengantin.

“Alhamdulillah untuk dinas tenaga kerja, sesuai target. Tiap tahunnya ada empat bidang yang dilatihkan seperti Tata Busana, Tata Boga, Tata Kecantikan Kulit, Tata Rias Pengantin,” terangnya.

Sementara untuk capaian tahun tahun sebelumnya, Nining mengatakan, para peserta sudah lebih dari 50% yang bisa menerapkan hasil latihan tersebut.

“Sebanyak 50% lebih ya, ada yang buka usaha sendiri, ada yang di rekrut perusahaan ada juga yang bekerjasama dengan perusahaan perusahan lainnya. Namun minimal bisa membuka lowongan kerja buat dirinya sendiri,” tambahnya.

BACA JUGA :   Kepala Dinas KUMKM Jadi Model Dadakan di Galeri Patrakomala Bandung

Disinggung mengenai permodalan, Nining mengatakan, tugas dinas sampai pada pemberian sertifika yang nantinya bisa dipakai syarat peminjaman ke bank.

Adapun bank yang ditunjuknya masih bang BPR Al-Madinah milik Pemerintah Kota Tasikmalaya. “Selain sertifikat, itu syaratnya ya seperti meminjam pada bank konvensional lainnya,” ujarnya.

Terakhir, Nining berharap, kedepan, para peserta WUB ini bisa 100% berhasil dalam usahanya atau dalam mempraktekan hasil pelatihan tersebut. (Ian)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.