Berita

Jelang Libur Nataru, Kapolres Pangandaran Resmikan Gedung Baru Pos Pengamanan Terpadu

228
×

Jelang Libur Nataru, Kapolres Pangandaran Resmikan Gedung Baru Pos Pengamanan Terpadu

Sebarkan artikel ini
Kepala DPUTRPRKP Kabupaten Pangandaran Ling Ling Nugraha Senjaya secara simbolis menyerahkan kunci gedung baru Pos Pengamanan Terpadu yang diterima langsung oleh Kapolres Pangandaran AKBP Imara Utama. Foto:HumasPolres/JM

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID Kapolres Pangandaran, Polda Jabar, AKBP Imara Utama meresmikan gedung baru Pos Pengamanan (Pospam) Terpadu yang berfungsi sebagai tempat untuk pengawasan, pengendalian keamanan dan kelancaran arus lalu lintas di wilayah hukum Polres Pangandaran, Rabu 20 Desember 2023.

Dalam peresmian gedung baru Pos Pengamanan Terpadu dihadiri Wakapolres Kompol Sukmawijaya, Kepala DPUTRPRKP Kabupaten Pangandaran Ling Ling Nugraha Senjaya, Kepala Dishub, Irwansyah, Kasat Pol PP Kabupaten Pangandaran, Dedih Rachmat, Kepala Bapennda Kabupaten Pangandaran, Dadang Solihat serta tamu undangan lainnya.

AKBP Imara Utama mengatakan Pos Pengamanan Terpadu yang baru selesai dibangun merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas PUTRPRKP.

“Pos Pengamanan Terpadu dibangun oleh Pemkab Pangandaran, lokasinya di Satlantas Polres Pangandaran,” kata Imara kepada sejumlah wartawan usai meresmikan gedung Pos Pengamanan Terpadu, Rabu 20 Desember 2023.

Menurut Imara, selain gedung baru, peresmian Pos Pengamanan Terpadu juga bertepatan jelang libur Natal dan Tahun Baru.

“Alhamdulilah dalam mendekati persiapan Ops Lilin Lodaya 2023 ini kita bisa manfaatkan Pospam Terpadu ini baik untuk pos pengamanan kawasan wisata maupun sebagai pos pelayanan,” katanya.

BACA JUGA :  Tak Cuma Pantau Cuaca dan Rawan Bencana, Harus Juga Dipantau Lalu Lintas Arus Mudik

Secara teknis, sambung Imara, Pospam Terpadu berfungsi sebagai tempat pengawasan, dan perpanjangan tangan aparat Kepolisian, Satpol PP, Dishub dan TNI dalam melayani masyarakat.

“Selama libur nataru, nantinya akan ada piket dari masing-masing instansi yang bergabung untuk bersama-sama melaksanakan pengamanan dan pelayanan di sini (Pospam,red),” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Imara juga menyebutkan, selam libur Nataru, pihaknya menyiapkan beberapa falisitas untuk melayani warga masyarakat, khususnya pengujung yang akan liburan ke Pantai Pangandaran.

“Nanti pada saat pelaksanaan Ops Lilin Lodaya, di Pospam Terpadu kita siapkan tukang pijit, pelayanan kesehatan, cek kesehatan secara gratis,” paparnya.

Di tempat yang sama, Kasat Lantas Polres Pangandaran, AKP Asep Nugraha menyampaikan kondisi jalan menjelang libur Nataru di wilayah hukum Polres Pangandaran cukup bagus.

“Mulai dari perbatasan Kecamatan Padaherang sampai dengan Kecamatan Cimerak yang berbatasan dengan Tasikmalaya Kabupaten untuk jalur Alteri dan jalur kabupaten semuanya cukup bagus,” tambahnya.

BACA JUGA :  Menuju Pemilu yang Partisipatif, Disdukcapil Banjar Lakukan Perekaman eKTP Pemilih Pemula

Selain itu, kata Asep, jalur alternatif, yaitu jalur dari Cigayam Kabupaten Ciamis yang menuju jalur Selasari Kabupaten Pangandaran cukup baik.

“Demikian juga jalur yang melalui Sindangsari Cimerak menuju jalur Cisalopa itu cukup baik, namun di wilayah Tasikmalaya tepatnya di wilayah Cisalopa terdapat beberapa titik jalan yang rusak,” bebernya.

Asep juga mengimbau kepada pengguna jalan yang akan liburan ke Pantai Pangandaran untuk tetap menggunakan jalur Alteri atau jalan utama.

“Jalur utama jalannya sudah cukup bagus dan lebar, jadi pengguna jalan tidak perlu cari jalan alternatif selagi jalur utama bisa di lintasi,” imbaunya.

Untuk jalur pantai Batukaras menuju Pantai Madasari, Asep menegaskan pihaknya menyarankan untuk kendaraan truk dan bus tidak menggunakan jalan baru lantaran kondisi jalan yang curam.

“Jalan dari Batukaras-Madasari kondisinya cukup baik dan bisa lalui kendaraan kecil, sedangkan bus dan truk kita larang karena jalannya curam,” tegasnya. (Ntang.SR)