Kapolres Ciamis Lakukan Pemusnahan Barang Bukti yang Dilaksanakan Oleh Kejari Ciamis

  • Bagikan

CIAMIS, JURNALMEDIA.ID – Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro yang diwakili oleh Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Muhammad Firmasyah melakukan pemusnahan barang bukti yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Ciamis.

Pemusnahan barang bukti ini dilakukan di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis 1 5 September 2022.

Pemusnahan barang bukti tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis Dra. Soimah dan disaksikan oleh para pegawai Kejaksaan Negeri Ciamis.

Selain itu juga tampak hadir Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi dan Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Tatang.

Pemusnahan barang bukti itu dilakukan setelah mempunyai kekuatan hukum tetap atau inkracht. Sebanyak 69 perkara yang mana semua barang buktinya dimusnahkan.

BACA JUGA :   Yuk Tebak Kepribadian Kamu Lewat Golongan Darah

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro melalui Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Muhammad Firmansyah mengatakan, kehadirannya dalam acara tersebut sebagai bentuk sinergitas Polres Ciamis dengan Aparat Penegak Hukum lain dalam penegakan hukum. Pemusnahan barang bukti ini salah satu bagian tahapan dari pada penegakan hukum.

“Kami Polres Ciamis hadir sebagai wujud dukungan dan sinergitas Polri dengan Kejaksaan Negeri Ciamis. Pemusnahan barang bukti ini harus dilakukan karena sudah tertuang dalam aturan Pasal 30 Ayat 1 Huruf b Nomor 16 Tahun 2004,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis Dra. Soimah mengatakan, hari ini Kejaksaan Negeri Ciamis melakukan pemusnahan barang bukti. Barang bukti ini telah inkracht atas perkara yang terjadi dari 22 Juni 2021 sampai dengan saat ini.

BACA JUGA :   Malik Ibrahim: Bawaslu Butuh Partisipasi Masyarakat dalam Melakukan Pengawasan

“Barang bukti yang kami musnahakn berupa narkotika jenis sabu seberat 19,38 gram, 8.213 butir hexymer, handphone 26 unit, 9 botol ciu. Ini adalah barang bukti dari beberapa perkara pidana yang telah selesai penanganan perkaranya dan telah mempunyai kekuatan hukum tetap,” katanya.

Pemusnahan barang hukti narkotika dengan cara diblender sedangkan handphone dihancurkan serta barang bukti lainnya di bakar. Selama kegiatan berlangsung berjalan aman dan tertib. (Kiki Masduki)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.