KPU Pangandaran Beri Warning Parpol Terkait Tahapan Pemilu 2024

  • Bagikan
KPU Pangandaran sekaligus melaunching perpustakaan dan taman baca demokrasi. Serta launching kegiatan Mengkaji Hukum (MH) kepemiluan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di salah satu hotel di Pangandaran (Foto:ist/JM)

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran dalam waktu dekat akan menyusun persiapan terkait tahapan jadwal Pemilu.

Pasalnya, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 jatuh pada 14 Februari 2024. Sedangkan untuk tahapannya akan dimulai 20 bulan sebelumnya atau 14 Juni 2022.

Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jawa Barat Reza Alwan Sovnidar menyebutkan, bahwa tahapan Pemilu tahun 2024 akan dimulai pada 14 Juni 2022 mendatang. Namun hingga saat ini PKPU terkait tahapan dan jadwal belum terbit.

“Mudah-mudahan sebelum tanggal 14 Juni 2022 ini PKPU sudah terbit. Dari situ seluruh elemen masyarakat akan tahu secara resmi soal tahapan-tahapan Pemilu,” ujarnya, Jumat 03 Juni 2022.

BACA JUGA :   Kasad Pimpin Pemakaman Secara Militer Alm Brigjen TNI Stepanus Mahury

Reza mengaku, pihaknya mengapresiasi ide-ide kegiatan yang dilakukan oleh KPU Pangandaran. Ada dua hal yang menjadi catatan prestasi bagi KPU Pangandaran di mata KPU Jawa Barat.

“Pertama, kemampuan ide kreativitas membuat kegiatan. Kedua, bisa meminta support anggaran dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran,” ucap Reza.

Dia menuturkan, pihaknya selalu mendorong KPU di daerah untuk membuat kegiatan sekreatif mungkin. Lantaran anggaran dari APBN sangat terbatas, maka perlu dukungan dari APBD.

“Dalam konteks ini kami selalu mengingatkan bahwa relasi politik itu harus baik. Kalau KPU Pangandaran tidak disupport oleh Pemkab dengan anggaran hibahnya, mungkin tidak bisa apa-apa,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Pangandaran Muhtadin mengatakan, dalam menghadapi tahapan Pemilu ini pihaknya tengah melakukan konsolidasi kelembagaan. Yang mana nantinya persoalan Pemilu bisa dikomunikasikan kepada lembaga eksternal.

BACA JUGA :   Pimpinan Upacara Puncak Harjad, Bupati Cilacap Tegaskan Pembangunan Desa Harus Ditingkatkan

“Kami juga mengkonsolidasikan persiapan tersebut kepada seluruh elemen. Baik itu Pemkab, dinas, badan, lembaga, stakeholder, penyelenggara Pemilu dengan partai politik (Parpol),” katanya.

“Jadi kami (KPU Pangandaran,red) ini mengingatkan, memberikan warning kepada seluruh Parpol, bahwa Pemilu akan segera dimulai. Dan waktu dekat ini kami akan mengundang mereka (Parpol),” tambahnya.

Seperti diketahi, pada Jumat 03 Juni 2022 KPU Pangandaran menggelar kegiatan penyuluhan hukum kepemiluan kepada tokoh masyarakat. Yang diikuti oleh ketua MUI kecamatan se kabupaten di salah satu hotel di Pangandaran.

Pada kesempatan tersebut, KPU Pangandaran sekaligus melaunching perpustakaan dan taman baca demokrasi. Serta launching kegiatan Mengkaji Hukum (MH) kepemiluan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) KPU Pangandaran. (dry)

BACA JUGA :   Inilah Samsung Z Fold 3 Spesifikasi Terlengkap

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.