Liburan ke Bali, Jangan Lupa Kunjungi Taman Wisnu Kencana

  • Bagikan
Liburan ke Bali, Jangan Lupa Kunjungi Taman Wisnu Kencana

JURNALMEDIA.ID –  Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (bahasa Inggris: Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), atau kerap disebut dengan GWK, adalah sebuah taman wisata budaya di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali.Di sini berdiri megah sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung Garuda Wisnu Kencana yang menggambarkan sosok Dewa Wisnu menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 121 meter.

Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut. Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Plaza Garuda di mana patung kepala Garuda setinggi 18 meter ditempatkan. Pada saat ini, Plaza Garuda menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yang dinamai Lotus Pond.

BACA JUGA :   GUIDE FOR LORD HOWE ISLAND

Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental di Lotus Pond mencipatakan seni lansekap ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar, baik yang berskala nasional maupun internasional. Patung Garuda Wisnu Kencana diresmikan pada tanggal 22 September 2018 oleh Presiden Joko Widodo.

Tempat Rekreasi di GWK

GWK Cultural Park yang dimiliki oleh group PT. Alam Sutera Realty Tbk ini mempunyai beberapa tempat rekreasi di antaranya sebagai berikut:

Plaza Wisnu

Plaza Wisnu adalah titik tertinggi di dalam kawasan GWK di mana terdapat potongan patung Dewa Wisnu setinggi 23 meter. Karena lokasinya yang tinggi, Anda dapat melihat panorama sekitarnya. Patung Wisnu, sebagai titik pusat dari Plaza Wisnu, dikelilingi oleh air mancur dan sumber mata air suci yang tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau.

BACA JUGA :   Tiga Minibus Terlibat Tabrakan Beruntun di Pangandaran

Parahyangan Somaka Giri terletak di area Plaza Wisnu. Tempat yang disucikan oleh masyarakat sekitar ini secara historis telah dipercaya sebagai air suci yang dapat menjadi berkat dengan kekuatan magis yang kuat untuk menyembuhkan bermacam penyakit.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.