Longsor di Langkaplancar, Akses Jalan Penghubung Pangandaran -Tasikmalaya Tertutup

  • Bagikan

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pangandaran sejak semalaman mengakibatkan bencana alam tanah longsor di Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran.

Dalam peristiwa tersebut mengakibatkan jalan raya penghubung Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran-Kecamatan Cineam Tasikmalaya tertutup material longsor sehingga tidak bisa dilewati.

Pihak Desa dan pihak Kecamatan serta masyarakat sekitar susah melihat langsung ke TKP, namun karena banyaknya material longsor serta cuaca masih hujan evakuasi belum bisa dilakukan.

Camat Langkaplancar Cucu Kurniawan mengatakan, longsor yang diakibatkan oleh derasnya air hujan itu menutup akses jalan antara Pangandaran dan Tasikmalaya. Namun karena banyaknya material longsor dan cuaca masih hujan, sampai saat ini belum dilakukan evakuasi.

BACA JUGA :   Bupati Bogor Larang Keras Jajarannya Terima Gratifikasi Hari Raya

“Jika evakuasi hanya mengandalkan alat seadanya sepertinya membutuhkan waktu yang cukup lama, mengingat banyaknya material longsor, jadi harus menggunakan alat berat,” kata Cucu, Jumat 26 September 2022.

Untuk itu, dirinya akan segera melaporkan hal ini kepada pihak Pemerintah Kabupaten Pangandaran, karena pihaknya tidak punya alat berat.

Akses jalan ini sangat vital karena banyak masyarakat terutama anak- anak sekolah yang biasa menggunakan jalan ini.

“Tertutupnya akses jalan ini membuat wilayah Gunung Singkup dan Gunung Engang Terisolir, karena tidak bisa dilewati kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat,” paparnya.

Kasihan memang, anak- anak sekolah juga tadi banyak yang tidak bisa sekolah karena akses jalannya tertutup.

BACA JUGA :   Innalillahi! Warga di Kalipucang Digegerkan Penemuan Mayat. Polisi : Korban Seorang Purnawirawan TNI AD

“Semoga secepatnya alat berat datang untuk mengevakuasi material longsor, sehingga aktivitas warga kembali normal,” pungkasnya. (Kiki Masduki)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.