Mustafa Kemal Ataturk, Presiden Turki Mengejar Kesetaraan Gender dengan Menghapus Poligami

  • Bagikan
mustafakemal.pinterest

JURNALMEDIA.ID – Mustafa Kemal Ataturk atau yang dikenal dengan Mustafa Kemal adalah seorang perwira militer Turki yang merupakan pendiri dan Presiden Republik Turki.

Mustafa Kemal lahir pada 1881 di daerah Salonika Yunani dimana wilayah itu adalah daerah taklukan Khilafah Utsmani atau yang disebut kekhalifahan bangsa Turki.

Ayahnya meninggal saat Mustafa Kemal baru berusia tujuh tahun dan ia dibesarkan oleh ibunya Zubeyde Hanim.

Saat usianya 12 tahun, ia masuk ke sekolah militer di Selanik dan Manastir yang merupakan pusat nasionalisme Yunani anti-turki.

Kemudian ia melanjutkan sekolah ke Akademi Militer di Manastir pada 1895 dan lulus dengan pangkat letnan pada 1905 yang ditempatkan di Damaskus.

BACA JUGA :   Begini Asal Muasal Desa Bulupayung, Patimuan, Wujud Kearifan Budaya Semarak Hari Jadi Kabupaten Cilacap

Pada 1905 ia masuk ke dalam militer Istanbul dan mengakhiri pelatihan militernya pada tahun 1907. Mustafa Kemal di tugaskan ke Batalion 3 Salonika dan ini sebagai awal mula ia memusuhi Khilafah ottoman dan orang-orang islam.

Saat terjadi perang dunia pertama, Mustafa Kemal dipilih menjadi panglima pasukan ke-19 dan Timnya mampu menaklukkan pasukan inggris sebanyak dua kali.

Pada tahun 1916 Mustafa Kemal dipilih menjadi jenderal konon, banyak pihak mengatakan bahwa kemenangan dari Mustafa Kemal ini adalah bentuk kesengajaan dari Inggris agar meruntuhkan kekuatan kerajaan ottoman di masa depan.

Pada tahun 1928, agama islam yang merupakan agama resmi dihilangkan dari konstitusi, hal itu mengakibatkan hukum syariah digantikan dengan hukum sipil dan pidana seperti Swiss, Italia dan Jerman. Sekolah-sekolah agama pun digantikan dengan kurikulum sekuler.

BACA JUGA :   Hari Ini, Pemkab Bogor Berangkatkan 404 Calon Jamaah Haji Kloter 3 JKS

Di bawah kepemimpinan Mustafa Kemal lebih mengejar kesetaraan gender dengan menghapus poligami, mendorong wanita untuk mendapat pendidikan, karir, dan hak cerai dari suaminya.

BACA JUGA : 7 Fakta Menarik Negara Rusia, Memiliki Museum yang di Huni Para Kucing

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.