Pemkab Bogor Lakukan Kunjungan Lapangan ke KEK Lido

  • Bagikan

BOGOR, JURNALMEDIA.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Burhanudin bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat lakukan kunjungan lapangan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido.

Dalam kunjungan ini sekaligus melakukan Rapat Pembahasan Evaluasi Pembangunan dan Kesiapan Pengoperasian KEK Lido, yang berlangsung di  Ruang Eboni Cendana, Lido Lake Resort, Jl. Raya Sukabumi No.KM. 21, Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Sabtu 1 Oktober 2022 kemarin.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Bogor senantiasa mendukung keberadaan KEK Lido di Kabupaten Bogor.

Saat ini Pemkab Bogor juga sedang menjajaki kerjasama sister city dengan Kota Jedah Saudi Arabia, karena wilayah tersebut adalah bagian dari pengembangan wilayah Puncak Selatan termasuk KEK Lido sampai Cisarua dalam satu kawasan pengembangan Pemkab Bogor.

BACA JUGA :   Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Pangandaran Tewas Tertabrak Pick Up Saat Menyebrang

“Tidak hanya itu, kami juga siap ikut mempromosikan KEK Lido ini. Kami ada pelayanan terpadu satu pintu melayani berbagai investasi di Kabupaten Bogor. Kerjasama juga sedang berjalan dengan MNC dan perangkat daerah terkait perkiraan keadaan sarana penunjang sehingga kami menyiapkan kebutuhan mulai dari perumahan, sarana pendidikan, kesehatan,” terangnya.

Ditempat yang sama, Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus, Elen Setiadi mengungkapkan bahwa KEK Lido adalah program strategis nasional dimana semua pihak terlibat, mulai dari tingkat pusat, provinsi, hingga daerah.

Maka, terima kasih atas kerjasama semua pihak khususnya dukungan Kabupaten Bogor sangat baik sekali dan sudah ada kemajuan sampai dengan hari ini.

BACA JUGA :   Beberapa Rumah Warga di Pangandaran Terendam Banjir

“KEK Lido sudah layak untuk beroperasi karena sudah sesuai dengan Undang-Undang KEK. Soal tenaga kerja pun terus berporses, kini sudah menyerap ribuan tenaga kerja. Selain itu pengembangan UMKM di KEK ini juga harus jadi perhatian,” ujar Elen.

Selanjutnya, Direktur Fasilitas Kepabeanan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementrian Keuangan, Untung Basuki menambahkan, Kawasan Ekonomi Khusus adalah program strategis pemerintah yang membedakan adalah adanya kesatuan bersama seluruh pihak dari tujuan KEK ini.

“Harapan kita KEK Lido ini menjadi unggulan, karena ini sebagai tindak lanjut UU Cipta Kerja. Harapan lainnya, segera dilaksanakan target-target yang sudah ditentukan, maka keterlibatan seluruh pihak jadi yang utama, mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten  dalam mengembangkan KEK Lido ini,” tutur Untung

BACA JUGA :   Bulan Juni Mendatang, Pemkab Bogor Mulai Kerjakan Peningkatan Jalan Warung Borong – Rancabungur

Perlu diketahui, pemerintah memberikan insentif fiskal kepada KEK, sehingga harus dimanfaatkan dengan baik. Contohnya di dalam KEK fasilitas insentif fiskal jadi satu, maka sangatlah penting kita melakukan evaluasi hari ini agar KEK Lido jadi unggulan.

Turut hadir dalam acara, yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Prov. Jabar, Direktur Utama PT. MNC Land Lido, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bogor, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor dan seluruh stakeholder terkait. (Aulia)

  • Bagikan