Pemkab Bogor Luncurkan Pemilihan Duta Petani Milenial

  • Bagikan

BOGOR, JURNALMEDIA.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor, luncurkan pemilihan duta petani milenial Kabupaten Bogor tahun 2022, yang berlangsung di Aula Distanhorbun, Senin 3 Oktober 2022.

Hal itu dilakukan untuk membentuk kepengurusan petani milenial Kabupaten Bogor, agar petani milenial di Kabupaten Bogor berkembang dan aktif berkontribusi memajukan pertanian di Kabupaten Bogor.

Sekretaris Distanhorbun Kabupaten Bogor, Tatang Mulyadi mengungkapkan, peluncuran duta petani milenial bertujuan untuk membentuk kepengurusan, paguyuban serta memantapkan tugas pokok dan fungsi petani milenial Kabupaten Bogor, agar kelompok tani tidak hanya sebatas pembentukan kelompok tani saja, tetapi dikembangkan pada peningkatan perekonomian dan kemajuan pertanian di Kabupaten Bogor.

BACA JUGA :   DKPKP Pangandaran Alokasikan Anggaran untuk Sarana dan Prasarana Budidaya Ikan Nila Senilai Rp400 Juta

“Hari ini kita launching petani milenial, tidak hanya pembentukan kepengurusan tapi pembagian tugas, termasuk di dalamnya ada paguyuban. Petani milenial ini tidak hanya kopi tapi ada buah, sayur, tanaman pangan, padi, palawija dan lainnya. Petani milenial ini, kami bina agar mereka dapat melakukan pengembangan ekonomi dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pemasarannya,” terang Tatang.

Lanjut Tatang mengatakan, saat ini pemberdayaan sudah berjalan melalui kemitraan pasar tani dengan para pelaku tani yang sudah ada, sehingga potensi masing-masing tani bisa terangkat perekonomiannya. Dirinya berharap melalui peluncuran petani milenial ini, bisa menjembatani para petani di Kabupaten Bogor sehingga dapat mendorong petani yang sejahtera.

“Yuk sama-sama menghimpun petani, fasilitasi potensi pertanian yang ada di Kabupaten Bogor. Walaupun pembentukannya belum maksimal tetapi kerjaannya sudah mulai ada. Anak-anak muda ini kita dorong agar mereka mau membantu dari sisi kelembagaan ekonominya, sehingga petani milenial ini menjadi petani yang berdasi,” terangnya.

BACA JUGA :   Keren! Pemkot Bandung Raih Tiga Penghargaan Manajemen ASN dari BKN

Kabid Penyuluhan Pertanian Distanhorbun Kabupaten Bogor, Ruhendra menambahkan, sesuai Program Petani Milenial, pemerintah berkewajiban menyediakan lahan pertanian, permodalan dan Sumber Daya Manusia (SDM) petani yang berkualitas yang mampu mengikuti perkembangan jaman teknologi digital seperti saat ini.

“Melalui peluncuran petani milenial ini diharapkan para petani milenial dapat menjadi cikal-bakal yang dapat mendorong sektor pertanian lebih maju, dan berkembang dengan senantiasa memberikan edukasi dan informasi bermanfaat kepada kelompok petani lainnya, sehingga para anak muda bisa ikut tergabung dalam petani milenial untuk menjadi agen pengusaha muda yang bergerak di sektor pertanian,” tandasnya. (Aulia)

  • Bagikan