Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Momentum Wujudkan Spirit Demokrasi

  • Bagikan
MUHTADIN, S.HI Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran Mahasiswa Magister Ilmu Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung

JURNALMEDIA.ID – Pancasila adalah lima dasar yang merupakan prinsif dan falsafah negara (philosofische gronslag). Pancasila digunakan sebagai nilai dasar mengatur pemerintahan negara dan dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara.

Ada lima prinsip sebagai philosofische grondslag bagi Indonesia, yaitu ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dari aspek sejarah, Pancasila sebagai dasar negara pertama-tama diusulkan oleh Ir.Soekarno pada sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) tanggal 1 Juni 1945, yaitu pada waktu membahas perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Sejak saat itu pula Pancasila digunakan sebagai nama dari dasar falsafah negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, meskipun pada saat itu itu terdapat beberapa tata urut dan rumusan yang berbeda. Kemudian ditetapkan pada 18 Agustus 1945 bersama-sama dengan UUD 1945. Berdasarkan rangkaian sejarah itulah pemerintah menetapkan 1 Juni sebagai hari bersejarah yakni hari kelahiran Pancasila.

BACA JUGA :Iwan Setiawan Diberi Julukan “Bapak Kopi Kabupaten Bogor”

BACA JUGA :   Ambivert Kepribadian Gabungan Introvert dan Ekstrovert Benarkah?
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.