Peringati Bulan Bung Karno, Ratusan Peserta Ikuti Festival Kuliner

  • Bagikan

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – Dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pangandaran menggelar berbagai kegiatan, salah satunya Festival Kuliner tradisional dan lainnya.

Kegiatan tersebut, dihadiri Bupati Pangandaran yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Pangandaran Jeje Wiradinata, Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan, Ketua TP-PKK Pangandaran Hj Ida Nurlaela dan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Hj Ijah Hartini serta para pengurus dan kader PDI Perjuangan Kabupaten Pangandaran.

Ketua TP-PKK Kabupaten Pangandaran Hj Ida Nurlaela mengatakan, festival kuliner tradisional, yakni urab dalam rangka memeriahkan hari jadi Bulan Bung Karno yang merupakan Presiden RI Pertama.

“Festival kuliner tradisional urab diikuti oleh 190 peserta baik warga masyarakat tingkat Desa maupun tingkat Kecamatan serta intasi lainnya, ke ikut peserta begitu anusias memeriahkan Bulan Bung Karno,” ujarnya, Sabtu 02 Juli 2022.

BACA JUGA :   Warganya di Bacok Saat Pulang Kerja, Kades Sukajadi Angkat Bicara

Menurut Ida, kuliner urab yang di tampilkan yaitu mulai dari rasa serta bahannya yang berbeda, dari situlah keunikan kuliner urab muncul. Selain itu, peserta tentunya beraneka warna dan beraneka rasa saat mengolahnya.

“Bahan sayuran yang di pergunakan juga berbeda, namun tetap semuanya gotong-royong bahu membahu memeriahkan festival ini,” katanya.

Kata ida, dalam festival kuliner tradisional urab tersebut pihak panitia Kader PDI Perjuangan juga mempersiapkan beberapa orang juri penilai berasal dari cheff berpengalaman.

“Juri juga tentu sudah di bidangnya, untuk penilaian juga harus transparan dan bagi urab yang di nyatakan pemenang pihak panitia penyelenggara tentunya sudah menyiapkan berbagai macam hadiah untuk para pemenang festival,” tandasnya.

BACA JUGA :   Satreskrim Polres Ciamis Berhasil Amankan Pelaku Curat

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Hj Ijah Hartini menyebutkan, selain mempunyai potensi di bidang wisata, Pangandaran juga mempunyai potensi lainnya yakni kuliner tradisional urab.

“Makanan urab yang terbuat dari bahan sayuran ini banyak diminati masyarakat baik warga pribumi maupun wisatawan yang tengah liburan di Pantai Pangandaran,” katanya.

Ijah mengaku, festival kuliner tersebut merupakan salah satu program di PDI Perjuangan untuk melestarikan keaslian kuliner Nusantara terlebih lagi kuliner berupa urab yang ada di kabupaten Pangandaran.

“Keberadaan kuliner urab ini bisa terlestarikan dan tetap ada tidak punah serta tidak kalah dengan kuliner sekalipun dari mancanegara. Ini adalah kuliner asli yang di miliki di tanah air. Kedepan festival kuliner akan kembali di gelar dengan segmen dan tema yang berbeda,” pungkasnya. (Putri)

BACA JUGA :   Sebanyak 41 Desa di Pangandaran yang Sudah Cair ADD Tahap ke 3 Tahun 2021
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.