Plt Bupati Ingin Rakernas APKASI Beri Dampak Positif Bagi Pemulihan Ekonomi Kabupaten Bogor

  • Bagikan

KAB BOGOR, JURNALMEDIA.ID – Jadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ke-14 tahun 2022 yang dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian yang berlangsung di Hotel Pulman Vimala Hills Ciawi Kabupaten Bogor, Jawa Barat Sabtu 18 Juni 2022.

Pemerintah Kabupaten Bogor ingin APKASI dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi dan bangkitkan sektor pariwisata dan UMKM di Kabupaten Bogor. Hal itu diungkapkan langsung oleh Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan dalam sambutannya saat menghadiri Rakernas APKASI ke-14.

“Semoga kedatangan delegasi Pemerintah Kabupaten dari seluruh tanah air ke Kabupaten Bogor dapat mendorong pemulihan ekonomi baik sektor Pariwisata dan UMKM di Kabupaten Bogor. Kebanggaan dan terima kasih kepada Dewan Pengurus APKASI yang telah menunjuk Kabupaten Bogor sebagai tuan rumah, sehingga kami jadi yang pertama penyelenggaraan Rakernas berbarengan dengan HUT APKASI ke-22,” ungkap Plt. Bupati Bogor.

BACA JUGA :   Bupati Bogor Larang Keras Jajarannya Terima Gratifikasi Hari Raya

APKASI ini dibentuk, lanjut Iwan, dirumuskan dan dicita-citakan dalam semangat reformasi 22 tahun yang lalu untuk menjadikan otonomi daerah sebagai jawaban bagi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Selama pemberlakuan otonomi daerah Kabupaten/Kota telah berkembang dan semakin mandiri, yang ditandai dengan munculnya berbagai kreativitas dan inovasi dalam memecahkan masalah pembangunan dan pelayanan publik di daerah.

“Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada APKASI yang selama 22 tahun telah berkontribusi dalam peningkatan kapasitas tata kelola pemerintahan, percepatan pembangunan, dan terciptanya harmonisasi dalam hubungan antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah,” ucapnya.

Selain itu, kata Iwan, APKASI merupakan mitra strategis Pemerintah Kabupaten dalam memperjuangkan apresiasi dan kepentingan daerah agar selalu selaras dengan pembangunan nasional, serta menjadi wadah kerjasama yang harmonis dan saling menguntungkan dalam upaya percepatan pembangunan daerah, peningkatan kualitas pelayanan masyarakat dan pemulihan ekonomi.

BACA JUGA :   Keren! Newhun Sulap Sampah Plastik Jadi Jam Tangan Estetik

“Semoga Rakernas APKASI ini dapat merumuskan kebijakan, program kerja serta menghasilkan rekomendasi strategis yang dapat mendorong kolaborasi dan kapasitas seluruh Kabupaten di Indonesia. Tentunya dengan semangat kolaborasi kita dorong pemulihan ekonomi nasional dan bersama-sama sukseskan KTT G-20 untuk percepatan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan,” tegasnya.

Kemudian, Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengungkapkan, bahwa melalui Rakernas ke-14 ini APKASI berkomitmen untuk melakukan pemulihan ekonomi, karena saat ini APKASI tengah fokus pada pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 selama 2 tahun lebih.

“Harapan masyarakat begitu besar dan ini jadi tantangan kita. Kami APKASI harus bisa menerjemahkan berbagai inisiatif besar tingkat dunia menjadi kebijakan kongkrit yang langsung dirasakan manfaatnya oleh rakyat karena kita lah garis besar pemerintah,” tuturnya.

BACA JUGA :   Sambut Lebaran, Pemkab Bogor Siapkan 18 Titik Pos Pam MudikĀ 

Dirinya juga menerangkan, bahwa Rakernas ini dilakukan untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergi antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Pusat. “Sinergi kebijakan akan kami akan terus perkuat antara pemerintah pusat dan Kabupaten karena untuk pulih dan bangkit tidak bisa dilakukan sendiri melainkan dilakukan secara kolaborasi bersama-sama,” kata Sutan.

Ditempat yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam kesempatan ini meminta kepada seluruh anggota dan pengurus APKASI untuk sinergi dan kompak melakukan berbagai perubahan seperti, menciptakan sosial politik damai, menjaga ekonomi untuk tetap bisa diangka 5% dengan cara menguasai ekonomi digital, ekraf dan digitalisasi industri, serta mampu melahirkan generasi aktif dan produktif yang bebas stunting.

“Semoga APKASI di tahu 2045 bisa membawa bendera emas bagi Bangsa ini sebagai negara adidaya,” singkatnya. (dry)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.