Ratusan Kelompok Tani di Pangandaran Terima Bantuan Pupuk Hayati Cair

  • Bagikan

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID  – Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran menyalurkan bantuan ribuan liter Pupuk Hayati Cair (PHC) untuk petani di 10 kecamatan.

Bantuan Pupuk Hayati Cair itu sebanyak sebanyak 30.000 liter untuk luas lahan 600 hektare. Sedangkan dari ribuan liter Pupuk Hayati Cair dibagikan ke kelompok tani yang tersebar di 10 Kecamatan sebanyak 297 Kelompok.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura di Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Restu Gumilar mengatakan,  pemberian bantuan pupuk tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Karena, pertanian selalu terkendala perairan, selain itu petani sulit mendapat pupuk dan pasca panen harga hasil pertanian tidak menentu.

Pengolahan melalui proses fermentasi tersebut menghasilkan larutan hasil pembusukan dari sisa tanaman, maupun kotoran hewan atau manusia.

BACA JUGA :   Pemkab Bogor Ajak Sukseskan Pemerataan Pembangunan

Pupuk hayati cair penggunaannya lebih aman karena terhindar dari bahan kimia.

Selain itu juga berdampak baik bagi kesehatan dengan kandungan terdiri dari mikroorganisme yang berperan penting membantu pertumbuhan tanaman.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura di Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Restu Gumilar mengatakan, pupuk hayati cair yang disalurkan sebanyak 30.000 liter untuk luas lahan 600 hektare.

“Setiap kemasan pupuk hayati cair dikemas sebanyak 5 liter dan bisa digunakan untuk luas lahan pertanian 1 hektare,” kata Restu, Rabu 21 September 2022.

Restu menambahkan, pendistribusian pupuk hayati cair tersebut diantaranya Kecamatan Cimerak sebanyak 14 Kelompok Tani, Kecamatan Cijulang sebanyak 14 Kelompok Tani, Kecamatan Cigugur sebanyak 37 Kelompok Tani, Kecamatan Langkaplancar sebanyak 22 Kelompok Tani, Kecamatan Parigi sebanyak 31 Kelompok Tani.

BACA JUGA :   Jelang Pelaksanaan Pilkades, Wabup Yana Berikan Beberapa Arahan

Kecamatan Sidamulih sebanyak 21 Kelompok Tani, Kecamatan Pangandaran sebanyak 29 Kelompok Tani, Kecamatan Kalipucang sebanyak 18 Kelompok Tani, Kecamatan Padaherang sebanyak 61 Kelompok Tani, Kecamatan Mangunjaya sebanyak 50 Kelompok Tani.

“Pupuk hayati cair tersebut disediakan oleh pihak ketiga yaitu PT Greenlife Bioscience dengan merk Greenway yang telah melaksanakan proses kontrak dengan Satker Pusat dari Kementerian Pertanian,” jelasnya.

Restu memaparkan, sumber anggaran bantuan pupuk hayati cair itu berasal dari APBD tahun anggaran 2022.

“Penyerahan sudah dilaksanakan secara seremonial dan simbolis bertempat di Balai Benih Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Desa Wonoharjo,” pungkasnya. (Kimas)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.