Scroll to Continue
Berita

Rekomendasi Walikota Banjar Tak Digubris, PP Expo Tak Dapat Dukungan OPD

5778
×

Rekomendasi Walikota Banjar Tak Digubris, PP Expo Tak Dapat Dukungan OPD

Sebarkan artikel ini
Rekomendasi Walikota Banjar Tak Digubris, PP Expo Tak Dapat Dukungan OPD

BANJAR, JURNALMEDIA.ID – Pelik, di akhir masa jabatan WaliKota Banjar Ade Uu Sukaesih, surat rekomendasinya untuk para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nampak mulai tak laku, tak digubris. Buktinya, acara Pemuda Pancasila (PP) Expo di Taman Kota Lapang Bhakti Jalan Mayjen Didi Kartasasmita Kota Banjar yang dibuka 11 November 2023 lalu tak ada satu pun stand OPD maupun BUMD yang ikut berpartisipasi memeriahkan acara tersebut. Padahal itu menjadi ajang untuk menyosialisasikan program kepada masyarakat. Bahka Ade Uu Sukaesih telah mengeluarkan surat yang ditandatangani secara elektronik berisi penawaran kepesertaan dalam acara tersebut kepada OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa. Namun tak mempan.

“Ini merupakan peluang untuk menyosialisasilan berbagai program, produk, jasa, layanan dan lain-lain kepada masyarakat luas. Tapi sayang sekali, tidak ada satu pun organisasi pemerintahan Kota Banjar yang ikut kepesertaan, bahkan terkesan surat rekomendasi dari wali kota pun diabaikan,” kata Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Banjar Andi Maulana SH. MH, Kamis 16 November 2023.

BACA JUGA :   Wabup Yana Hadiri Penyuluh Pertanian di Objek Wisata Djatisewu

Melalui PP Expo dalam rangka HUT PP ke 64 tahun, pihaknya ingin membuktikan bahwa organisasi masyarakat (Ormas) bisa berkontribusi positif bagi masyarakat dan pemerintah.

“Karena dalam PP Expo ini, banyak UMKM yang kami berdayakan untuk membuka stand mengenalkan produk-produknya hingga menjualnya kepada pengunjung. Selain itu, kami juga merangkul pelaku seni melalui panggung hiburan agar mereka memiliki wadah untuk mengeksperikan seninya dalam bidang bermusik,” kata Andi Maulana.

Tak main-main, acaranya tersebut bahkan diapresiasi organisasinya di tingkat pusat. Ia mengaku, PP Expo di Kota Banjar yang inisiasi MPC PP Banjar jadi pilot project untuk MPC di wilayah lainnya se-Indonesia.

“Dukungan dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota sangat baik bahkan yang membuka acara ini juga beliau-beliau itu, kemudian dari Polres juga sangat suport dan memberikan dukungan. Namun yang kami sayangkan, dukungan dari tingkat OPD ini yang tidak ada sama sekali, padahal kegiatan ini banyak sisi manfaatnya, apalagi rencananya dilaksanakan selama 14 hari. Pengunjung setiap harinya cukup banyak,” kata dia.

BACA JUGA :   Selama Ramadhan, Iwan Setiawan Instruksikan Jajarannya Bagikan Takjil Gratis

CEO Persikad 1999, Atet Handiyana Sihombing yang digadang-gadang akan maju dalam Pilkada Kota Banjar 2024 mendatang mengaku prihatin atas respon dari OPD dan BUMD di Kota Banjar terkait kerjasama PP Expo. Padahal, penawaran tersebut sudah direkomendasikan kepala daerah.

“Ya saya cukup prihatin, padahal ini event bagus. Ini gelaran yang mengembalikan citra ormas ke arah positif, kenapa OPD-OPD di Kota Banjar tidak mau mendukung. Padahal, kegiatan seperti ini perlu dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintahan,” kata Atet Handiyana.

Kedepan kata dia, harus menjadi evaluasi agar kegiatan seperti PP Expo yang dilaksanakan Ormas ini bisa mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Karena ini bisa menjadi pilot project juga untuk ormas-ormas lainnya.

BACA JUGA :   Jelang Pilkada 2024, DPD Golkar Kota Banjar Kunjungi DPC PKB Kota Banjar

“Kita lihat banyak stand pemberdayaan UMKM, ada panggung hiburan untuk seniman-seniman di Kota Banjar. Harusnya ini dimanfaatkan juga oleh pemerintah sebagai media promosi baik untuk sosialisasi dan mengenalkan program-programnya lebih dekat kepada masyarakat,” kata dia.