Sampah di Pangandaran Bisa Ditukar Menjadi Rupiah Melalui Bank Sampah

  • Bagikan

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – Limbah atau sampah yang berserakan kini bisa dimanfaatkan menjadi rupiah.

Bahkan, selain itu bisa diinvestasikan seperti yang dilakukan para pemuda di Dusun Pasar, Desa Ciganjeng, Kabupaten pangandaran.

Di Desa Ciganjeng, para pemuda kreatif mulai mengubah mindset sampah menjadi barang berharga yang bisa membantu perekonomian keluarga.

Direktur Bank Sampah Eris mengatakan, selain bertujuan untuk menciptakan kebersihan di lingkungan, pihaknya juga berpikir gimana caranya supaya sampah tersebut menjadi barang yang berharga.

“Jadi sekarang melihat sampah bukan hal yang kotor melainkan seperti melihat barang berharga,” ucap Eris, Sabtu 17 September 2022.

Tentunya perubahan mindset tersebut menjadi penyemangat bagi para pemuda di Desa Ciganjeng.

BACA JUGA :   Wabup Yana Hadiri Pengajian Rutin Al-Mar'atu Sholihah Sekaligus Do'a Bersama

Terlihat para pemuda yang tergabung di bank sampah Desa Ciganjeng seminggu sekali melakukan dor to dor ke rumah warga, hal itu guna mengambil sampah lalu menimbang dan mencatat hasil timbangannya di buku tabungan yang sudah di sediakan untuk ditukar ke rupiah.

Dari hasil catatan yang di tulis di buku tabungan, masyarakat bisa mengambil kapan saja sesuai dengan keperluan masing-masing.

“Untuk pengambilan bebas mau kapan saja karena kami tidak mau membebani masyarakat dengan waktu yang ditentukan kata eris.

“Karena tambah eris kalau posisinya masyarakat benar-benar membutuhkan apalagi kebutuhannya sangat mendesak bisa langsung datang ke kami (Bank sampah) tentunya sesuai dengan tabungan yang mereka miliki” imbuhnya.

BACA JUGA :   RSUD Pandega Rayakan HUT Dengan Bakti Sosial Kepada Anak Yatim di Yayasan Al-Mauna Pangandaran

Kegiatan menabung sampah tidak lain mengajarkan kepada masyarakat untuk menabung dan memanfaatkan limbah sampah yang mereka miliki karena bank sampah bisa menampung 99 jenis sampah unorganik.

“Hampir semua sampah perumahan bisa di tampung di bank sampah, Dan dengan adanya program ini tentunya menjaga kebersihan di lingkungan Desa Ciganjeng,” pungkasnya. (Bill)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.