Warisan Dunia Unesco Inilah Gunung Mulu Malaysia

  • Bagikan
warisan Dunia Unesco Inilah Gunung Mulu Malaysia
Gunung Mulu (Pinterest)

JURNALMEDIA.ID – Taman Nasional Gunung Mulu merupakan sebuah taman nasional di Divisi Miri, Sarawak, Malaysia. Ini adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang mencakup gua dan formasi karst dalam pengaturan hutan hujan khatulistiwa pegunungan.

Taman ini terkenal dengan gua-guanya dan ekspedisi yang telah dilakukan untuk menjelajahinya dan hutan hujan di sekitarnya, terutama Ekspedisi Masyarakat Geografis Kerajaan 1977–1978, yang melibatkan lebih dari 100 ilmuwan di lapangan selama 15 bulan. Ini memulai serangkaian lebih dari 20 ekspedisi yang sekarang dinamai Proyek Gua Mulu.

Sejarah

Referensi paling awal ke gua Mulu adalah pada tahun 1858 ketika Spenser St. John (Konsul Inggris di Brunei ) menyebutkan “massa batu kapur yang terpisah, banyak yang aus, dengan gua-gua dan terowongan alami” dalam bukunya “Life in the Forests of the Timur Jauh”. Spenser mencoba mendaki Gunung Mulu kemudian tetapi gagal karena tebing kapur, hutan lebat, dan puncak yang tajam.

BACA JUGA :   Wisata Danau Sentani di Jayapura Papua Paling Indah

Pada abad ke-19, Charles Hose (seorang administrator di Raj of Sarawak ) mencoba mendaki Gunung Mulu tetapi gagal. Barulah pada tahun 1920-an, ketika seorang pemburu badak Berawan bernama Tama Nilong menemukan punggungan barat daya dekat gunung yang akhirnya menuju ke puncak. Pada tahun 1932, Tama Nilong memimpin Edward Shackleton selama Ekspedisi Universitas Oxford ke puncak Gunung Mulu. Ini adalah pendakian pertama yang berhasil ke puncak Gunung Mulu. Pada tahun 1961, GE Wilford, dari British Borneo Geological Survey, mengunjungi gua-gua Mulu. Dia mengamati Gua Rusadan Gua Angin. Dia juga memperkirakan bahwa lebih banyak gua akan ditemukan di masa depan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.