Wisata Danau Sentani di Jayapura Papua Paling Indah

  • Bagikan
Wisata Danau Sentani Papua

JURNALMEDIA.ID –  Danau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua.

Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini. Arti kata Sentani berarti “di sini kami tinggal dengan damai”. Nama Sentani sendiri pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan misionaris di wilayah danau ini pada tahun 1898.

Danau ini sudah dikelola menjadi objek wisata karena berjarak 50 kilometer dari Jayapura dan mudah dijangkau, sebagai pelengkap di danau ini sudah banyak terdapat perahu wisata untuk berkeliling di Danau Sentani.

Di danau ini juga diadakan Festival Danau Sentani untuk menarik wisatawan. Festival Danau Sentani biasanya diadakan pada pertengahan bulan Juni tiap tahun, FDS sendiri telah ditetapkan sebagai festival tahunan dan masuk dalam kalender pariwisata utama. Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

BACA JUGA :   Wisata Terpopuler Indonesia Gunung Bromo salah Satu Surga Indonesia

Di danau ini terdapat 30 spesies ikan air tawar dan empat di antaranya merupakan endemik Danau Sentani yaitu ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon), ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus) dan hiu gergaji (Pristis microdon).

Danau Sentani kaya akan beragam biota laut dan sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar. Danau Sentani juga dijadikan lokasi wisata untuk berenang, bersampan, menyelam, memancing, ski air serta wisata kuliner. Di antara ketiga ikan endemik danau sentani yang populasinya semakin menyusut adalah ikan gabus Danau Sentani, hal ini dikarenakan telur ikan ini dimakan oleh ikan gabus dari jenis yang lain.

BACA JUGA :   Dua Pelaku Pencurian Mobil Bak Lintas Provinsi Berhasil Diamankan Polres Tasikmalaya

Daya Tarik Wisata Danau Sentani

24 kampung mengelilingi wisata danau Sentani. Walaupun Anda sudah menyewa jasa tour guide Indonesia, tak ada salahnya berpetualang sendiri. Para warga membuka diri jika rumahnya diinapi wisatawan. Jadi, Anda juga bisa lebih mengenal keseharian mereka. Anda juga bisa melihat keberagaman flora fauna langka di sini.

Fasilitas Wisata Danau Sentani

Sentani adalah daerah yang tidak jauh dari ibukota Jayapura. Hanya perlu 15 menit dari pusat kota. Tentu saja sudah banyak fasilitasnya. Mulai pembangunan hotel sampai kendaraan.

Kegiatan Wisata Danau Sentani

Setiap bulan Juni digelar Festival Danau Sentani. Anda dapat menikmatinya tanpa jasa tour guide Indonesia. Di sini aka nada tari-tarian yang dilangsungkan di atas perahu. Ada pula upacara penobatan Ondoafi. Masyarakat sekitar akan menyajikan kuliner asli Papua. Anda bisa menanyakan apa saja namanya kepada jasa pemandu wisata Jayapura.

BACA JUGA :   Lawang Sewu Semarang Wisata Terkenal Buat Uji Nyali

Harga Tiket Masuk Wisata Danau Sentani

Sebenarnya tiket masuk danau sentani hanya Rp.10.000. yang mahal adalah sewa mobilnya yang mencapai Rp.650.000. Di danau Sentani nanti, tour guide Jayapura akan mengajak Anda berkeliling danau memakai kapal motor seharga maksimal Rp.50.000. Harga homestay di sekitar sana berkisar antara RP. 250.000 sampai Rp.1.000.000.

Lokasi Wisata Danau Sentani

Tour guide wisata danau sentani akan memberitahukan bahwa lokasinya bisa dicapai dari Jayapura. Jika dari Jakarta ke Jayapura, Anda akan butuh 8 jam-an. Baru kemudian Anda butuh menyewa mobil di bandara Jayapura untuk menuju Danau Sentani langsung.

Bagi Anda yang membutuhkan guide lokal berpengalaman dan bisa memberikan pengalaman liburan mengesankan bagi anda, pilih di gaetlokal.id. Atau jika Anda guide tour yang sedang mencari wisatawan, cari juga di GaetLokal.

  • Bagikan