Scroll to Continue
Kesehatan

Inilah 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Bisa Membuatmu langsing juga loh

397
×

Inilah 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Bisa Membuatmu langsing juga loh

Sebarkan artikel ini
Inilah 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Bisa Membuatmu langsing juga loh

JURNALMEDIA.IDInilah 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Tomat adalah salah satu buah yang paling populer dan banyak dikonsumsi di dunia. Tomat memiliki warna merah cerah, rasa manis dan asam, serta tekstur yang lembut dan berair. Tomat juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Tomat dapat dimakan mentah, dimasak, dijadikan saus, jus, atau salad.

Tomat tidak hanya lezat, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah 7 manfaat tomat untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat tomat untuk kesehatan adalah mencegah kanker. Tomat mengandung likopen, yaitu pigmen merah yang memberikan warna khas tomat. Likopen adalah jenis karotenoid, yaitu senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang dapat menyebabkan peradangan, penuaan, dan kanker.

Likopen telah diteliti sebagai salah satu zat yang dapat mencegah kanker, terutama kanker prostat, payudara, paru-paru, dan kulit. Likopen dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, menginduksi apoptosis (kematian sel kanker), dan mengurangi angiogenesis (pembentukan pembuluh darah baru yang menyokong tumor) .

BACA JUGA :   Masyarakat Kabupaten Bogor Kini Bisa Pakai BPJS Untuk Berobat Jantung Di RSUD Cibinong

Selain likopen, tomat juga mengandung vitamin C, vitamin E, folat, dan serat, yang juga dapat mencegah kanker. Vitamin C dan E adalah antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Folate adalah vitamin B yang dapat mencegah mutasi DNA yang dapat menyebabkan kanker. Serat adalah zat yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko kanker usus besar.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat tomat untuk kesehatan yang kedua adalah menjaga kesehatan jantung. Tomat dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Tomat juga dapat meningkatkan fungsi endotel, yaitu lapisan sel yang melapisi pembuluh darah dan mengatur aliran darah.

Tomat dapat menjaga kesehatan jantung karena mengandung likopen, kalium, vitamin C, dan vitamin E. Likopen dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat), yang dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri. Kalium adalah mineral yang dapat menyeimbangkan cairan dan elektrolit dalam tubuh, serta mengendurkan otot pembuluh darah. Vitamin C dan E adalah antioksidan yang dapat melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan.

BACA JUGA :   Kasus DBD di Kota Banjar Terus Meningkat, Ini yang Dilakukan Dinas Kesehatan Kota Banjar

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat tomat untuk kesehatan yang ketiga adalah menurunkan berat badan. Tomat adalah buah yang rendah kalori, tetapi tinggi serat dan air. Serat adalah zat yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan. Air adalah zat yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar kalori. Tomat juga dapat menekan nafsu makan, karena mengandung asam hidroksisitrat, yaitu senyawa yang dapat menghambat enzim yang terlibat dalam sintesis lemak.

Tomat juga dapat menurunkan berat badan karena mengandung krom, yaitu mineral yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah. Krom dapat mencegah lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan rasa lapar dan penimbunan lemak. Krom juga dapat meningkatkan pembentukan otot dan mengurangi lemak tubuh.

BACA JUGA :   Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan Anda

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat tomat untuk kesehatan yang keempat adalah menjaga kesehatan kulit. Tomat dapat melindungi kulit dari sinar UV, yang dapat menyebabkan kerusakan, penuaan, dan kanker kulit. Tomat dapat melindungi kulit karena mengandung likopen, beta-karoten, dan vitamin C. Likopen dan beta-karoten adalah karotenoid yang dapat menyerap sinar UV dan mengurangi peradangan. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit.

Tomat juga dapat menjaga kesehatan kulit karena mengandung vitamin E, vitamin K, dan biotin. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat melembabkan dan menyembuhkan kulit. Vitamin K adalah vitamin yang dapat mengurangi pembekuan darah dan mempercepat penyembuhan luka. Biotin adalah vitamin B yang dapat mencegah kerontokan rambut dan kuku rapuh.