Scroll to Continue
Kesehatan

5 Masalah Kesehatan di Indonesia yang Sampai Sekarang Masih Ada

111
×

5 Masalah Kesehatan di Indonesia yang Sampai Sekarang Masih Ada

Sebarkan artikel ini

JURNALMEDIA.ID – Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang melimpah, tetap menghadapi tantangan serius dalam bidang kesehatan. Meskipun langkah-langkah telah diambil oleh pemerintah, masih banyak masalah kesehatan yang perlu diatasi. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci beberapa masalah kesehatan utama di Indonesia beserta upaya yang dilakukan untuk mengatasinya.

Masalah Kesehatan Utama

1. Gizi Buruk dan Stunting

Gizi buruk dan stunting masih menjadi perhatian utama di Indonesia. Masalah ini terkait erat dengan kurangnya asupan gizi yang memadai, terutama di kalangan anak-anak. Stunting, yang mengakibatkan pertumbuhan fisik yang terhambat, dapat memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan dan perkembangan anak. Faktor-faktor seperti pola makan yang tidak seimbang, kondisi ekonomi yang sulit, dan kurangnya pengetahuan tentang gizi yang baik dapat memperparah masalah ini.

Scrool to Continue
Scrool to Continue

2. Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis tetap menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat Indonesia. Negara ini memiliki tingkat kejadian TBC yang tinggi, menempatkannya sebagai salah satu negara dengan jumlah kasus tertinggi di dunia. Pencegahan dan penanganan yang tepat sangat penting untuk mengendalikan penyebaran penyakit ini.

BACA JUGA :   Inilah 7 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

3. Kematian Ibu

Meskipun kemajuan telah dicapai dalam mengurangi angka kematian ibu, Indonesia masih menghadapi tantangan dalam hal ini. Angka kematian ibu yang tinggi menunjukkan perlunya perhatian khusus terhadap perawatan maternal di negara ini. Pencegahan pendarahan akut, aborsi yang tidak aman, dan infeksi kehamilan adalah beberapa langkah penting yang perlu diambil.