Scroll to Continue
Berita

Agun Gunandjar Sudarsa: Menginspirasi Melalui Pengalaman dan Dedikasi

62
×

Agun Gunandjar Sudarsa: Menginspirasi Melalui Pengalaman dan Dedikasi

Sebarkan artikel ini
Agun Gunandjar Sudarsa saat diwawancarai wartawan di Pangandaran beberapa waktu lalu. Foto:doc/JM

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID –¬†Agun Gunandjar Sudarsa adalah seorang figur senior di Partai Golkar yang memiliki pengalaman, kebijaksanaan, dan pengetahuan yang luar biasa. Ia bukan hanya menjadi inspirasi bagi generasi muda di Partai Golkar, tetapi juga di panggung politik nasional.

Agun Gunandjar Sudarsa, atau yang akrab disapa Kang Agun, telah menjalani perjalanan hidup yang luar biasa. Baginya, hidup adalah sebuah perjalanan yang harus dijalani dengan penuh dedikasi. Ia meyakini bahwa setiap hari adalah kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

Agun Gunandjar Sudarsa telah menjabat sebagai anggota DPR RI selama enam periode sejak tahun 1997, pada awal era reformasi. Ia sangat menghargai semangat reformasi yang membuka pintu bagi perubahan di negara ini. Semangat ini mendorongnya untuk aktif berkiprah di DPR RI.

BACA JUGA :   Satu Kecamatan di Ciamis Raih Prestasi di Tingkat Provinsi Jawa Barat

Agun Gunandjar Sudarsa tidak hanya sekadar anggota parlemen biasa. Ia terlibat dalam proses pembuatan berbagai undang-undang yang memiliki dampak besar pada negara ini. Salah satunya adalah UU Pemilu, yang ia bantu susun sebagai ketua tim pembentukan. Selain itu, ia juga terlibat dalam pembentukan UU Kementerian Negara, UU Dewan Pertimbangan Presiden, dan berbagai peraturan terkait pemekaran wilayah.

Pemekaran wilayah adalah salah satu aspek penting dalam perjalanan karirnya. Agun Gunandjar Sudarsa menjadi pelopor dalam upaya membumikan pemekaran wilayah sebagai alat untuk menciptakan pemerataan pembangunan. Ia terkenal sebagai otak di balik pemekaran Kalimantan Utara dan pemekaran Kabupaten Ciamis.

Bagi Agun Gunandjar Sudarsa, pemekaran wilayah adalah bagian dari tugas seorang legislator yang bertanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat. Ia merumuskan pemekaran wilayah dengan berdasarkan kesadaran akan keterbatasan anggaran pembangunan. Misalnya, dalam kasus pemekaran Ciamis, ia melepaskan beberapa kecamatan untuk membentuk wilayah administratif tersendiri.

BACA JUGA :   Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Perkuat Sinergitas dengan USAID IUWASH Tangguh

Sebagai wakil rakyat, tugasnya adalah mengurus kesejahteraan rakyat. Ia melihat bahwa anggaran yang terbatas tidak akan cukup untuk mensejahterakan rakyat Kabupaten Ciamis. Oleh karena itu, ia mengambil langkah pertama dengan melepaskan beberapa kecamatan untuk membentuk Kabupaten Pangandaran. Hal ini memungkinkan alokasi anggaran yang lebih baik dan fokus pada pembangunan wilayah yang lebih kecil.

Meski sudah memegang jabatan anggota DPR RI selama enam periode dan memiliki karir politik yang gemilang, Agun Gunandjar Sudarsa masih memiliki impian besar. Ia ingin meninggalkan legacy yang positif, terutama bagi generasi muda Partai Golkar dan Indonesia secara keseluruhan.

Ia ingin mengingatkan generasi muda agar tidak terlena. Penting untuk memikirkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan. Selain itu, Agun Gunandjar Sudarsa menekankan pentingnya membangun demokrasi yang bermartabat, menghindari oligarki dalam partai politik, dan menjalankan semua proses secara egaliter.

BACA JUGA :   Sat Tahti Polres Banjar Gelar Buka Bersama dengan Tahanan

Agun Gunandjar Sudarsa adalah sosok yang menginspirasi banyak orang. Dedikasinya terhadap perjalanan politik dan kesejahteraan rakyat adalah teladan bagi kita semua. Ia membuktikan bahwa dengan pengalaman, pengetahuan, dan semangat yang tepat, kita dapat mencapai perubahan positif dalam politik dan masyarakat.

Artikel ini mencerminkan sebagian kecil dari perjalanan luar biasa Agun Gunandjar Sudarsa. Dedikasinya yang tak henti-hentinya untuk Indonesia adalah sumber inspirasi yang tak ternilai bagi generasi muda.

Penulis: Ntang SR