Berita

Antusias Masyarakat Ramaikan Pawai Ta’aruf MTQ Ke-45 Tingkat Kabupaten Bogor Dapat Apresiasi Sekda

356
×

Antusias Masyarakat Ramaikan Pawai Ta’aruf MTQ Ke-45 Tingkat Kabupaten Bogor Dapat Apresiasi Sekda

Sebarkan artikel ini
Antusias Masyarakat Ramaikan Pawai Ta’aruf MTQ Ke-45 Tingkat Kabupaten Bogor. Foto: Ist/JM

BOGOR, JURNALMEDIA.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin membuka kegiatan pawai taaruf sebagai rangkaian awal acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-45 tingkat Kabupaten Bogor tahun 2023.

Pada kesempatan tersebut, Burhanudin mengapresiasi antusias warga Kecamatan Gunungsindur dan peserta lainnya yang ramaikan pawai ta’aruf, pada Senin 04 September 2023.

Pawai ta’aruf diikuti sekitar 5.000 peserta yang berasal dari 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor. Acara dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor didampingi Aspem Kesra dan Kabag Kesra. Hadir pada acara tersebut Ketua Baznas, Ketua LPTQ, Camat Gunungsindur, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), perwakilan Kantor Kementerian Agama serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor.

Sekda Burhanudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Gunungsindur, luar biasa sekali sangat antusias menyemarakkan kegiatan MTQ ini. Tak hanya itu, ia juga melihat yang menyemarakkan MTQ bukan hanya masyarakat muslim, tapi juga masyarakat non muslim, dengan ikut pawai taaruf, termasuk ikut menyumbangkan makanan, air dan lain sebagainya.

“Ini adalah contoh kerukunan antar umat beragama yang sangat baik dan harus terus dipertahankan. Semoga Kecamatan Gunungsindur senantiasa diberikan keberkahan oleh Allah,” ujarnya.

BACA JUGA :  Peduli Terhadap Warga Binaan, Aipda Iwan Jenguk Warga yang Sedang Sakit

Burhanudin menjelaskan, memang di Kecamatan Gunungsindur ada desa yang dipersiapkan untuk jadi desa kerukunan dan keberadaban ke tingkat nasional. Di desa tersebut terdapat semua sarana ibadah semua agama, kehidupan bermasyarakatnya pun sangat guyub, mudah-mudahan ini diikuti oleh wilayah lain di Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Burhanudin juga mengungkapkan, ini adalah MTQ terakhir di periode RPJMD 2018-2023. Meski yang terakhir di periode ini, namun semangat syiar Islam tetap membara, diawali dengan pawai ta’aruf dan akan dibuka oleh Bupati Bogor.

“Semoga kegiatan MTQ menjadi media syiar Islam dan wadah menyaring potensi putra dan putri Kabupaten Bogor yang islami, yang bisa mengangkat derajat dan membawa nama harum Kabupaten Bogor di tingkat Jawa Barat, nasional, bahkan di tingkat internasional.” ungkap

Burhanudin juga mengucapkan terima kasih kepada panitia MTQ di Kecamatan Gunungsindur, kemudian LPTQ Kabupaten Bogor, Baznas, DMI, MUI, Kementerian Agama, dan stakeholder lainnya, termasuk berterima rekan-rekan media yang sudah secara masif mensosialisasikan kegiatan MTQ ke-45 tahun 2023.

Camat Sukaraja, Ria Marlisa mengatakan, kami membawa sekitar 120 orang untuk mengikuti pawai ta’aruf, ada unsur masyarakat, jajaran kepala desa, sekretaris desa, PKK se-Kecamatan Sukaraja.

BACA JUGA :  Disnakertrans Kota Banjar Laksanakan Progam Diklat Kerja Guna Meningkatkan SDM

“Kami berharap kegiatan MTQ ini bisa sukses dan lancar sebagai wadah syiar Islam dan menyaring bibit berpotensi yang memiliki keunggulan di bidang Al Quran,” kata Ria.

Kepala Desa Gunung Bunder Satu, Kecamatan Pamijahan menuturkan, untuk mengikuti pawai ta’aruf kami mempersiapkan beberapa hal diantaranya personil, atribut, kemudian tentunya fisik dan mental.

“MTQ adalah media dakwah bahwa Kabupaten Bogor adalah kabupaten agamis yang senantiasa melaksanakan syiar-syiar Islam. Harapannya kita bisa lebih mencintai Al Quran sebagai pedoman umat Islam,” tutur Alamsyah.

Berikutnya, warga Kecamatan Tajurhalang, Siswanto menerangkan, ada sekitar 100 orang yang ikut meramaikan pawai ta’aruf. Semoga MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Bogor ini bisa berjalan lancar dan sukses.

“Di wilayah Kecamatan Tajurhalang kegiatan MTQ sudah kita laksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat desa kemudian tingkat kecamatan. Dan yang hari ini kita bawa adalah mereka yang juara di tingkat kecamatan,” terang Siswanto.

Penulis: Najib