Begini Cerita Misteri Dibalik Keindahan Green Canyon Pangandaran

  • Bagikan
Begini Cerita Misteri Dibalik Keindahan Green Canyon Pangandaran. (Gambar: Pinterest)
Begini Cerita Misteri Dibalik Keindahan Green Canyon Pangandaran. (Gambar: Pinterest)

JURNALMEDIA,ID – Pangandaran memang sudah sangat dikenal terutama dalam hal pariwisata. Tidak hanya tentang pantainya saja melainkan ada beragam destinasi wisata alam lain yang kalah keren. Salah satunya adalah Green Canyon.

Objek wisata Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, posisi Green Canyon berdekatan dengan objek wisata Batu Karas serta lapang terbang Nusa Wiru. Koordinatnya di 7 43′ 47.96″ S, 108 26 53.12 E.

Nama Green Canyon sendiri memang mengambil nama dari Green Canyon di Colorado, Amerika Serikat. Bedanya, Green Canyon Pangandaran ini menawarkan pemandangan tebing-tebing alami yang menjulang dan dihiasi pepohonan hijau yang rindang. Selain itu, air sungai yang menyusuri tebing ini sangat jernih dan biru.

BACA JUGA :   Pemkab Bogor Akan Tindaklanjuti Seluruh Hasil Rekomendasi dan Catatan Strategis LKPJ 2021

Misteri Green Canyon

Awal cerita Green Canyon Pangandaran menjadi objek wisata ketika rombongan turis asing dari Swiss berbahasa Prancis yang berjumlah 3 orang berkeliling di Sungai Cijalu dan Sungai Cijulang dengan menggunakan perahu. Warna air sungai yang kehijauan mungkin menjadi alasan tempat ini disebut Green Canyon. Sedangkan nama sebelumnya, Cukang Taneuh berarti jembatan tanah karena adanya jembatan dengan lebar 3 meter dan panjang mencapai 40 meter yang menghubungkan antara Desa Kertayasa dengan Desa Batukaras.

Bagi penduduk lokal lokasi ini dimaknai sebagai Jembatan Tanah karena karena di atas lembah dan jurang dari Cukang Taneuh terdapat sebuah jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani setempat untuk menuju kebun.

  • Bagikan