Scroll to Continue
Berita

Citanduy Festival 2024: Lomba Dayung Perahu Karet Sambil Edukasi Penyelamatan di Air

46
×

Citanduy Festival 2024: Lomba Dayung Perahu Karet Sambil Edukasi Penyelamatan di Air

Sebarkan artikel ini
Citanduy Festival 2024: Lomba Dayung Perahu Karet Sambil Edukasi Penyelamatan di Air

BANJAR, JURNALMEDIA.ID Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Banjar, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disprapora) menggelar lomba dayung perahu karet yang berlangsung di saluran irigasi Dobo, Pataruman, Minggu (25/2/2024).

 

Lomba dayung perahu karet ini merupakan salah satu kegiatan dari Citanduy Festival 2024, yang dibuka secara langsung oleh PJ. Walikota Banjar, Hj. Ida Wahida Hidayati.

 

Dedi Suardi, Kepala Disprapora yang juga leading sektor dari Citanduy Festival (Cifes) 2024, didampingi oleh Kabid Pariwisata Rd. Maya Dewi, mengatakan kepada awak media bahwa ia bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar dalam menggelar lomba dayung perahu karet. Selain menjadi ajang kompetisi yang seru, lomba ini juga dijadikan momen yang pas untuk mengedukasi peserta dan penonton (masyarakat) tentang prosedur penyelamatan di air.

BACA JUGA :   Begini Respons Partai Demokrat Soal Pernyataan Presiden Joko Widodo

 

“Dalam lomba ini kita sekaligus mengedukasi kepada peserta juga masyarakat bahwa keselamatan menjadi prioritas utama dalam setiap aktivitas yang melibatkan air dan kami berharap dapat meningkatkan kesadaran akan teknik penyelamatan dan kesiapsiagaan dalam situasi darurat,” tambah Dedi Suardi.

 

Sebanyak 29 tim peserta yang turut serta berasal dari berbagai sektor, termasuk perwakilan dari kantor pemerintahan (OPD), desa/kelurahan, dan pelajar SLTA (pecinta alam).

 

“Partisipasi yang beragam ini mencerminkan semangat masyarakat dalam mengikuti kegiatan di alam terbuka dan kesadaran akan kelestarian lingkungan,” ungkap Suardi ketika ditemui di sela-sela acara.

 

Adapun dalam lomba dayung perahu karet, keluar sebagai juara pertama diraih oleh tim dari Kelurahan Hegarsari, juara kedua dari Desa Jajawar, serta juara ketiga diraih oleh Kelurahan Karangpanimbal. Sementara itu, untuk penghargaan sebagai sponsor terfavorit dalam gelaran tersebut dimenangkan oleh Desa Binangun. (Johan/Ucup)