Berita

Dari Lahan Kosong Hingga Panen Berkali-kali, Kisah Sukses Kelompok Wanita Tani Sekar Mawar Hegar

365
×

Dari Lahan Kosong Hingga Panen Berkali-kali, Kisah Sukses Kelompok Wanita Tani Sekar Mawar Hegar

Sebarkan artikel ini
Dari Lahan Kosong Hingga Panen Berkali-kali, Kisah Sukses Kelompok Wanita Tani Sekar Mawar Hegar

BANJAR, JURNALMEDIA.ID – Dengan memberdayakan Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Mawar Hegar, menjadi salah satu kelompok tani sukses yang ada di lingkungan Cikabuyutan Timur, Rt 03/Rw 13, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Kelompok Wanita Tani (KWT) yang diberi nama Sekar Mawar Hegar Sukses membetuk Kelompok berbasis pertanian. Kelompok Wanita Tani Sekar Mawar Hegar memanfaatkan lahan kosong untuk di jadikan lahan pertanian yang memberikan manfaat buat warga sekitar, sekaligus pemberdayaan kaum wanita yg ada di lingkungan tersebut agar lebih produktif di bidang pertanian.

Eli Supical selaku RW 13 di lingkungan tersebut yang juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini berangkat dari rasa khawatir melihat situasi kondisi di lingkungan yang terjebak permasalahan ekonomi, sehingga Ia menggagas membetuk Kelompok tani dan memanfatkan lahan kosong yang ada di lingkungan tempat ia tinggal.

BACA JUGA :  Panglima TNI Dampingi Presiden RI Hadiri Puncak Peringatan HUT Ke-78 PGRI dan HGN

“Awalnya saya prihatin melihat warga saya yang terjebak dengan permasalahan Ekonomi sekaligus khawatir, saya mencoba mencari solusi di tengah himpitan dan permasalahan ekonomi, akhirnya saya melihat lahan kosong yang bisa di manfaatkan untuk sumber Ekonomi warga, ” ungkapnya, Jumat 08 Desember 2023.

Eli Supical atau yang akrab di sapa Bob melanjutkan melihat adanya peluang dengan pemanfaatan lahan kosong lalu Ia membentuk kelompok Wanita Tani ( KWT) di lingkungan nya, sekaligus memberdayakan Ibu-ibu untuk menanam dan merawat tanaman di kebun seluas kurang lebih 1 hektar.

“Alahamdulilah sudah ada hasil dari pemberdayaan ini, kami sudah panen sebanyak 9 kali rata rata setiap panen mendapat 78-80 kg ,” jelasnya.

BACA JUGA :  Diduga Jasanya Selama Ini Tak Dianggap, Enam Orang Linmas Desa Muktisari Mengundurkan Diri

Ada pun tanaman yang ada di kelompok Wanita Tani ini seperti Timun, Kangkung, Melon, Ubi dan juga lain nya, dengan ada kegiatan ini Eli juga mengungkapkan bahwa adanya peningkatkan kesejahteraan termasuk ekonomi keluarga pada khususnya secara umum perekonomian masyarakat di lingkungannya.

Tak lupa kegiatan yang memberdayakan ibu ibu ini juga ikut melibatkan para stakeholder diantaranya, Lurah Kelurahan Hegarsari,PPL Kelurahan Hegarsari, Tribina serta ibu-ibu PKK. (Joe)