Scroll to Continue
Berita

DKP3 Bersama Kodim 0613 Laksanakan Gerakan Pengendalian WBC di Desa Sukamukti

149
×

DKP3 Bersama Kodim 0613 Laksanakan Gerakan Pengendalian WBC di Desa Sukamukti

Sebarkan artikel ini

BANJAR, JURNALMEDIA.ID – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) bareng Kodim 0613 melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) melaksanakan kegiatan pengendalian Wereng Batang Coklat (WBC).

Wereng Batang Coklat (WBC) (Nilaparvata lugens,red) sendiri merupakan salah satu hama pada tanaman padi yang paling berbahaya dan dapat merugikan petani lantaran gagal panen. WBC juga menjadi vektor bagi penularan penyakit kerdil rumput dan kerdil hampa.

Gerakan pengendalian WBC yang di lakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan untuk mengantisipasi pasi penyebaran wabah penyakit tanaman padi yang selama ini menjadi musuh para petani, Gerakan Pengendalian mengambil lokasi di wilayah pertanian, Dusun Girimukti, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat. Rabu 24 April 2024.

BACA JUGA :   Tedi Setiadi Rampungkan Pembentukan Koordinator Kecamatan Parakansalak dan Bojonggenteng

Gerakan ini bentuk respon dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan terhadap keluhan para petani selama ini yang memasuki masa panen selalu merugi akibat serangan penyakit WBC.

“Ini adalah gerakan pengendalian WBC hama batang Coklat, yang mana di Kota Banjar sendiri yang terkenal hampir kurang lebih 900 hektare,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan Kota Banjar, Yoyo Cuhyon kepeda jurnalmedia.id, Rabu 24 April 2024.