Scroll to Continue
Kesehatan

Inilah 7 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

246
×

Inilah 7 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Inilah 7 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

JURNALMEDIA.ID – Inilah 7 Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Kencur (Kaempferia galanga) adalah tanaman herba yang sering digunakan sebagai bahan jamu atau bumbu masakan. Kencur memiliki aroma dan cita rasa yang pedas, dan banyak tumbuh di wilayah Asia, seperti Indonesia, Cina, Kamboja, Thailand, dan Malaysia. Kencur masih tergolong kerabat dari jahe dan manfaat kencur sebagai obat telah dikenal secara turun-menurun.

1. Mengurangi sakit gigi

Kencur bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi. Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak kencur mengandung senyawa yang bersifat antibakteri dan antiradang. Kandungan antibakteri diketahui dapat membasmi kuman di gigi dan gusi. Sementara itu, kandungan zat antiradang pada kencur juga bisa meredakan nyeri dan bengkak di gigi dan gusi. Manfaat kencur ini sudah terkenal sejak dahulu sehingga tanaman ini umum digunakan sebagai obat kumur untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi.

BACA JUGA :   Begini Upaya Pemerintah Kelurahan Muktisari dalam Meningkatkan JKN

2. Menurunkan demam

Kencur secara turun-temurun juga dikonsumsi untuk menurunkan demam. Demam merupakan salah satu gejala penyakit infeksi. Menurut berbagai penelitian, ekstrak kencur memiliki kandungan antimikroba yang dapat melawan berbagai infeksi kuman.

3. Meredakan sakit perut

Konsumsi kencur juga dapat meredakan sakit perut. Manfaat kencur ini diduga berkat efek dari senyawa antiradang dan antinyeri di dalamnya yang dapat meringankan rasa nyeri.

4. Membantu mengatasi diare

Manfaat kencur untuk meringankan diare diperoleh dari kandungan antibakteri yang dapat melawan bakteri jahat di usus. Selain itu, kencur juga mengandung prebiotik yang dapat menyeimbangkan bakteri baik dan bakteri jahat di dalam usus.