Scroll to Continue
Berita

Inovatif! Masyarakat Pamarican Ciamis Menghadirkan Mobil Damkar Mini dalam Perayaan HUT RI Ke-78

659
×

Inovatif! Masyarakat Pamarican Ciamis Menghadirkan Mobil Damkar Mini dalam Perayaan HUT RI Ke-78

Sebarkan artikel ini
Doni menunjukan kelengkapan mobil damkar mini hasil rakitannya di acara HUT Ke-78 RI. Foto: Ist/JM

CIAMIS, JURNALMEDIA.ID – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) semua warga di berbagai daerah selalu menunjukan kreativitasnya dalam memeriahkan hari kemerdekaannya. Seperti hal nya yang dilakukan warga Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Pasalnya, penduduk Dusun Ciporoan telah menunjukkan kreativitas yang menarik perhatian seluruh peserta upacara. Mereka berhasil menciptakan sebuah Mobil Pemadam Kebakaran Mini (Damkar Mini) yang menjadi pusat perhatian.

Aksi simulasi pemadaman api yang dipentaskan oleh masyarakat Dusun Ciporoan pada peringatan tersebut mengingatkan kita pada dedikasi petugas pemadam kebakaran. Pertunjukan tersebut berhasil memukau banyak mata yang hadir.

Salah satu warga Dusun Ciporoan, Doni, menceritakan bahwa penciptaan Mobil Pemadam Kebakaran Mini ini tidak hanya untuk momen peringatan semata, melainkan juga dengan tujuan jangka panjang.

BACA JUGA :   Bupati Ciamis Mendorong Pertanian Ramah Lingkungan Melalui Sekolah Lapangan

“Kami tidak hanya berfokus pada saat ini, Mobil Damkar Mini ini akan kami jaga dan pelihara. Bahkan, kami berencana untuk menggunakannya sebagai sarana pemadam kebakaran di desa kami,” cetus Doni saat diwawancarai jurnalmedia.id, Kamis 17 Agustus 2023.

Doni menambahkan bahwa pembuatan Mobil Damkar Mini ini melibatkan sejumlah warga di Lingkungan RT 16 Dusun Ciporoan dan memakan waktu sekitar satu minggu.

“Ide brilian ini muncul dari pengalaman pribadi saya dan rekann ketika membantu memadamkan kebakaran dengan menggunakan alat cuci motor ketika petugas pemadam datang,” ungkapnya.

Dalam upaya bersama untuk mengatasi api, kerjasama antara warga dan petugas pemadam berhasil mengendalikan kebakaran tersebut. Inspirasi dari peristiwa itu, sambung Doni, dirinya pun berpikiran untuk menciptakan Mobil Damkar Mini ini. Ia menggunakan bahan dari becak motor (cator) dan melengkapinya dengan peralatan uap. Tangki air yang digunakan berasal dari drum dengan kapasitas hingga 200 liter.

BACA JUGA :   Hasil Rapat Pleno, 336.021 DPS di Pemilu 2024 Ditetapkan KPU Pangandaran

“Kami menciptakan mobil damkar mini ini sebagai langkah awal dalam penanganan kebakaran di wilayah desa kami sendiri,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sidaharja, Haris Munandar, merespon positif kreativitas yang ditunjukkan oleh masyarakat Dusun Ciporoan.

“Kami merasa beruntung memiliki warga yang memiliki jiwa kreatif. Mobil Damkar Mini ini adalah salah satu ide brilian yang muncul dari peringatan HUT Ke-78 RI di Desa Sidaharja dan akan memiliki manfaat besar di masa depan,” singkatnya.

Penulis: Ucup Lesmana