Berita

JNE Distribusikan Lebih Dari 500 Ton Bantuan dari #TemanJNE Untuk Korban Bencana Sumatera

×

JNE Distribusikan Lebih Dari 500 Ton Bantuan dari #TemanJNE Untuk Korban Bencana Sumatera

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, JurnalMedia  – Sejumlah wilayah di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat baru-baru ini menghadapi bencana banjir dan tanah longsor. Sebagai respons cepat dan wujud kepedulian terhadap sesama, JNE mengambil peran aktif dengan memfasilitasi pengiriman bantuan logistik. JNE membuka layanan gratis ongkos kirim (ongkir) khusus untuk pengiriman bantuan yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 10 Desember 2025. Berkat kepedulian dan kolaborasi dari seluruh #TemanJNE di seluruh Indonesia yang mengamanahkan bantuannya kepada JNE, total bantuan yang di distribusikan mencapai lebih dari 500 Ton. Bantuan tersebut disalurkan dengan bekerjasama dengan Mitra Lembaga Kemanusiaan di berbagai lokasi yang membutuhkan.

Sebagai bagian dari gerakan ‘Bergerak Bersama Peduli Bencana’, JNE melaksanakan Pelepasan Distribusi Bantuan di Sales Counter Tomang 9, Jakarta Barat, pada Rabu, 10 Desember 2025, setelah sebelumnya secara bertahap bantuan donasi dari masyarakat yang dititipkan melalui JNE telah di distribusikan sebanyak lebih dari 280 ton sejak tanggal 1 Desember 2025. Acara ini dihadiri oleh jajaran Direksi dan Manajemen JNE bersama perwakilan mitra kemanusiaan, yaitu Irvan Nugraha selaku CEO Rumah Zakat, Muhamad Djazuli Ambari, SKM, M.Si selaku Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), Suwarto S.Pd selaku GM Regional Office 4 Yatim Mandiri, dan Rizky Setiawan selaku Kepala KP DKI Jakarta Daarut Tauhid Peduli.

Dalam acara tersebut, dilakukan pelepasan armada logistik yang membawa bantuan tambahan yang telah dikumpulkan dari #TemanJNE. Bantuan ini segera diberangkatkan menuju lokasi bencana di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat untuk disalurkan melalui layanan organisasi kemanusiaan seperti Rumah Zakat, Bulan Sabit Merah Indonesia (BMSI), DT Peduli Aceh, Yatim Mandiri Sumut, Silangit, DT Peduli Sumut di wilayah Medan, serta DT Peduli Sumbar di wilayah Padang.

Baca juga:  Diduga Lapuk, Atap Bangunan SD di Cibuluh Ambruk Saat Pagi Hari

Bantuan yang dikirimkan diarahkan pada kebutuhan mendesak para warga terdampak, meliputi bahan pokok, pakaian, selimut, serta perlengkapan kesehatan dasar seperti P3K, multivitamin, dan obat-obatan esensial. Dari JNE sendiri juga turut menyumbang dan mengirimkan kebutuhan khusus bayi dan lansia, termasuk popok dan susu, serta kebutuhan higienis sehari-hari masyarakat (sabun, sampo, dan pembalut wanita) serta JNE turut menyumbang tenda, genset, obat-obatan dan kebutuhan lainnya yang diperlukan.

Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE menegaskan bahwa dalam gerakan ‘Bergerak Bersama’ peduli bencana, “JNE senantiasa memegang teguh nilai dan filosofi dari perusahaan sejak pertama berdiri untuk Berbagi, Memberi, dan Menyantuni dengan semangat ‘Connecting Happiness’. Melalui bantuan ini diharapkan dapat membantu meringankan kebutuhan masyarakat yang terdampak. Inisiasi program pengiriman donasi bantuan ini bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh JNE, tercatat di beberapa kejadian bencana seperti bencana Gempa Lombok (2018), Erupsi Gunung Merapi Semeru (2021) dan Gempa Cianjur (2022) JNE juga menjalankan program gratis ongkir bantuan donasi.

Sebagai bagian dari komitmen jangka panjang kami, perusahaan memastikan untuk selalu hadir memberikan dukungan nyata terhadap berbagai inisiatif kemanusiaan, baik dalam situasi darurat maupun program berkelanjutan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.

 

Feriadi juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut mendoakan keselamatan dan kekuatan bagi saudara – saudara kita yang terdampak bencana di Aceh, Sumut, dan Sumbar. “Semoga saudara-saudara kita diberikan ketabahan dan perlindungan dalam menghadapi situasi ini. JNE akan terus berkomitmen memberikan manfaat bagi masyarakat kapan pun dibutuhkan,” ujarnya.

###

Baca juga:  Ali Rosmawan, Mekanik Motor yang Berjuang Mewujudkan Mimpi Besar

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi :

 

Kurnia Nugraha

Media Communication Department Head

Email: kurnia.nugraha@jne.co.id

Rayhan Fadian

Publication & Media Section Head

Email : m.rayhan@jne.co.id

 

Sekilas Tentang JNE

 

JNE berdiri pada tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. JNE juga memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance. Pada akhir tahun 2012, JNE memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres. Mulai tahun 2013, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Di tahun 2014, JNE melakukan optimalisasi Mobile Applications untuk meningkatkan service berupa trace tracking kiriman, kemudahan transaksi digital, Free Pick up dan COD. Di tahun 2017 JNE membangun E- Fulfillment di beberapa cabang yaitu Warehouse Management System yang terintegrasi terkait warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management dan delivery, menjadi solusi lengkap untuk para UKM di seluruh Indonesia. Di tahun 2020 menyikapi perkembangan e-commerce, UKM dan perubahan daya beli masyarakat yang berubah sangat cepat serta dinamis maka dibangun Mega Hub JNE di area Bandara Internasional Soekarno – Hatta. Dibangun diatas tanah seluas 4 hektar, Mega Hub (Automatic Sorting Center and Gateway System) ini akan memiliki kapabilitas menangani lebih dari 2 juta paket per hari. Saat ini JNE memperluas jaringan hingga lebih dari 8000 titik layanan di seluruh Indonesia untuk mendorong kemajuan UKM dan meningkatkan perekonomian nasional