Scroll to Continue
Berita

Kapal Selam Scorpene Evolved Siap Perkuat Pertahanan Maritim Indonesia: Kekuatan Baru TNI AL yang Mengguncang Dunia

109
×

Kapal Selam Scorpene Evolved Siap Perkuat Pertahanan Maritim Indonesia: Kekuatan Baru TNI AL yang Mengguncang Dunia

Sebarkan artikel ini
Kapal Selam Scorpene Evolved Siap Perkuat Pertahanan Maritim Indonesia: Kekuatan Baru TNI AL yang Mengguncang Dunia

JURNALMEDIA.IDIndonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, telah mengambil langkah besar dalam memperkuat pertahanan maritimnya dengan memilih Naval Group dan PT. PAL untuk membangun dua unit kapal selam Scorpene Evolved. Keputusan ini tidak hanya menandai kemajuan teknologi pertahanan nasional tetapi juga menunjukkan komitmen Indonesia dalam menjaga kedaulatan wilayah maritimnya.

Pada tanggal 28 Maret 2024, kontrak resmi ditandatangani, menandai dimulainya pembangunan dua kapal selam canggih ini di fasilitas PT PAL yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Proses pembangunan akan melibatkan transfer teknologi (ToT) dari Naval Group, sebuah langkah strategis yang akan meningkatkan kemampuan dan kemandirian industri pertahanan Indonesia.

Spesifikasi Teknis yang Mengesankan

BACA JUGA :   Polres Pangandaran gelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

Kapal selam Scorpene Evolved milik Indonesia bukan hanya sekedar tambahan baru dalam armada TNI AL, tetapi juga merupakan simbol dari inovasi dan kemajuan teknologi. Berikut adalah spesifikasi teknis yang diumumkan oleh Naval Group:

– Bobot saat muncul ke permukaan: 1,600 – 2,000 ton
– Panjang keseluruhan: 72 m
– Kecepatan bawah air: >20 knot
– Kedalaman menyelam: >300 m
– Otonomi: >78 hari dalam misi 80 hari
– Otonomi bawah air: >12 hari
– Awak kapal: 31
– Total muatan senjata: 18
– Tabung senjata: 6
– Sistem manajemen tempur SUBTICS
– Ketersediaan operasional di laut: >240 hari per tahun.

Inovasi Baterai Lithium Ion

BACA JUGA :   PMII Sebut Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Banyak Pencitraan Dalam Penanganan Sampah

Yang paling menarik, Scorpene Evolved ini dilengkapi dengan teknologi Baterai Lithium Ion (LIB), menjadikannya satu-satunya di kelasnya. Penggunaan LIB memberikan keunggulan signifikan dalam hal daya tahan baterai, efisiensi pengisian, dan kemampuan operasional yang lebih lama dibandingkan dengan kapal selam tradisional.

Dampak Strategis bagi Indonesia

Pembangunan kapal selam Scorpene Evolved tidak hanya meningkatkan kemampuan pertahanan Indonesia tetapi juga berkontribusi pada pengembangan industri pertahanan lokal. Kerjasama ini diharapkan akan menciptakan ribuan lapangan kerja yang membutuhkan keahlian tinggi dan mendukung kemandirian teknologi pertahanan nasional.

Dengan kapal selam Scorpene Evolved, Indonesia siap mengambil peran lebih besar dalam menjaga stabilitas regional dan menjadi pemain kunci dalam geopolitik maritim global. Kehadiran kapal selam ini menegaskan posisi Indonesia sebagai negara maritim yang berdaulat dan berwibawa.