BANJAR, JURNALMEDIA.ID – Kecewa dengan kualitas air yang dirasa tidak layak konsumsi, ratusan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anom Kota Banjar, Jawa Barat, geruduk kantor PDAM Trita Anom menuntut agar management segera memperbaiki kualitas air agar layak konsumsi dan dapat digunakan untuk kebutuhan minum, memasak serta Mandi, Cuci, Kakus (MCK).
Massa membawa poster berisi kecaman dan kekecewaan serta ember berisi air PDAM yang keruh. Massa menuntut agar PDAM Trita Anom Kota Banjar segera memperbaiki kualitas air dan menurunkan harga tarif dasar air PDAM.
Massa berorasi di depan gerbang kantor PDAM Tirta Anom, Selasa 10 Oktober 2023 sambil menumpahkan air keruh dari dalam ember. Bahkan salah satu peserta aksi melakukan aksi treatrikal dengan mandi air keruh.
Setelah orasi dan menggelar aksi treatrikal, perwakilan massa diterima management PDAM Tirta Anom untuk menerima aspirasi dan audiensi pelanggan.
Dirut PDAM Tirta Anom, Fitrah Nurkamilah berdalih, kualitas dan kuantitas air terpengaruh oleh jaringan pipa lama yang dibangun tahun 1979 silam.
“Pipa yang ditanam sejak tahun 1979 itu kondisinya sudah lama dan turut mempengaruhi kualitas dan kuantitas air yang diterima pelanggan, saya ucapkan terima kasih kepada massa yang mengingatkan kami soal peningkatan pelayanan,” kata Fitrah kepada peserta aksi.