Scroll to Continue
Berita

Lapas Banjar Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi, Wujudkan Warga Binaan yang Produktif dan Mandiri

109
×

Lapas Banjar Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi, Wujudkan Warga Binaan yang Produktif dan Mandiri

Sebarkan artikel ini
Lapas Banjar Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi, Wujudkan Warga Binaan yang Produktif dan Mandiri

BANJAR, JURNALMEDIA.ID Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan warga binaan, Lapas Kelas II B Kota Banjar, Jawa Barat, menggelar pelatihan berbasis kompetensi, Selasa (20/2/2024).

Pelatihan dan pembekalan keterampilan warga binaan tersebut merupakan program Mobile Training Unit (MTU). Yang mana dalam pelaksanaannya, Lapas Banjar bekerja sama dengan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar -Jawa Barat

Nanti nya untuk program pelatihan sendiri akan melibatkan sebanyak 64 orang da. Untuk 48 orang diantaranya peserta di isi dari warga Kota Banjar, sementara’ untuk 16 orang peserta merupakan warga binaan Lapas Banjar.

Dalam acara tersebut Pj Wali Kota Banjar Ida Wahida Hidayati, yang membuka secara langsung program Mobile Training Unit (MTU) yang akan berlangsung di Lapas IIB Banjar.

BACA JUGA :   Peduli Masyarakat, Relawan Abimah Tos Soleh Siapkan Mobil Siaga

Dalam sambutan nya PJ Walikota mengungkapkan untuk saat ini dalam persaingan dunia pencari kerja, kemampuan dan kompetensi sangat diperhitungkan. Sehingga dengan adanya pelatihan ini akan memberi manfaat sekaligus mampu meningkatkan kemampuan para pencari kerja.

“Ini tentunya menjadi tugas kami sebagai pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan para pencari kerja yang berbasis kompetensi, Salah satunya dengan pendidikan dan pelatihan keterampilan seperti ini,” Ujar Hj.Ida Wahida Hidayati.

Tak lupa Hj.Ida Wahida juga berpesan kepada warga binaan yang akan mengikuti kegiatan tersebut agar bersungguh-sungguh, sehingga ketika bebas bisa memiliki keahlian, keterampilan serta kemampuan.

“ Untuk para warga binaan yang ikut pelatihan ini saya berpesan supaya nanti ketika mengikuti pelatihan agar bersungguh-sungguh, serap ilmu yang di ajarkan sebanyak-banyaknya, karena suatu saat ilmu dari kegiatan ini akan bermanfaat,” katanya lagi.

BACA JUGA :   Yusril Akan Pimpin Tim Hukum Prabowo-Gibran untuk Hadapi Gugatan Pilpres di MK

Di tempat terpisah, Sony Sopian Kepala Bidang Pembinaan Pemasyarakatan Pengentasan Anak, Informasi dan Komunikasi Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, mengapresiasi dengan adanya pelatihan berbasis kompetensi bagi warga binaan.

“Kami sangat mengapresiasi sekali kegiatan pelatihan ini. Dengan adanya pelatihan keterampilan seperti ini akan menjadi bekal warga binaan setelah selesai menjalani masa pidananya dan kembali lagi ke tengah tengah masyarakat,” katanya.

Sony, juga menjelaskan bahwa kegiatan seperti itu sudah dilakukan dan menjadi program di beberapa Lembaga Pemasyarakatan yang lain buat warga binaan nya. Dan kebetulan saat ini dalam momen Hari Jadi Ke-21 Kota Banjar, merupakan kehormatan, di hari yang istimewa ini ia bisa hadir dan ikut membuka secara langsung program pelatihan keterampilan buat warga binaan.

BACA JUGA :   Aziz Hamdan Ramdani Siap Bantu Korban Pinjol Gratis, Ini Caranya

“Inin merupakan momen yang bagus yang mana dalam moment Hari jadi ke-21 kota Banjar dimanfaatkan untuk mengadakan suatu kegiatan, apalagi kegiatan tersebut nantinya akan sangat bermanfaat,”pungkasnya.(Johan)