Scroll to Continue
Berita

Menghidupkan Tradisi: Kabuyutan Singaperbangsa Gelar Nyalin Budaya

62
×

Menghidupkan Tradisi: Kabuyutan Singaperbangsa Gelar Nyalin Budaya

Sebarkan artikel ini
Menghidupkan Tradisi: Kabuyutan Singaperbangsa Gelar Nyalin Budaya

BANJAR, JURNALMEDIA.IDKabuyutan Singaperbangsa 1 baru-baru ini mengadakan kegiatan Nyalin di Situs Budaya Singaperbangsa 1, Kedung Astana Banjar Patroman, di jalan raya Siliwangi, Lingkungan Cikadu, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, pada tanggal 6 Maret 2024. Acara ini dihadiri oleh puluhan tokoh budayawan Sunda dari berbagai wilayah di Jawa Barat.

 

Ketua penyelenggara, Ending, menyatakan bahwa acara ini tidak hanya sebagai ajang silaturahmi, tetapi juga untuk menghormati jasa para leluhur. Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan.

 

Juru Kunci Situs Budaya Singaperbangsa 1, Mamat Rahmat, mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga merupakan bagian dari persiapan munggahan, menyambut bulan suci Ramadhan. “Kami memberikan doa kepada para leluhur yang bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Kota Banjar,” ujar Mamat.

BACA JUGA :   Turunkan Angka KTMDU, P3DW Kota Banjar Gelar Operasi Gabungan

 

Selama munggahan, komunitas ini juga mengambil kesempatan untuk saling memaafkan menjelang Ramadhan, agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih khusyuk.

 

“Kegiatan ini harus terus berlanjut,” tegas Ending. “Kami dari komunitas Kabuyutan Singaperbangsa saling mendukung, dan kami berharap pemerintah dapat merasakan semangat dari kegiatan Kabuyutan Singaperbangsa ini.”