Kesehatan

NGOBATAN: Deteksi Dini Katarak dan Tumor Mata bersama dr. Mega Prayoga

110
×

NGOBATAN: Deteksi Dini Katarak dan Tumor Mata bersama dr. Mega Prayoga

Sebarkan artikel ini

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – RSUD Pandega Pangandaran melaksanakan kegiatan NGOBATAN (Ngobrol Bareng Seputar Kesehatan) dengan tema “Waspada Katarak dan Tumor Mata” bersama dr. Mega Prayoga, Sp.M Dokter Spesialis Mata Ahli Rekonsruksi, Okuloplasti dan Tumor Mata RSUD Pandega Pangandaran sebagai narasumber pada Kamis, 04 Juli 2024.

Katarak merupakan kekeruhan di lensa bola mata yang menyebabkan menurunnya kemampuan penglihatan. Orang yang menderita katarak awal mulanya terdapat gumpalan kecil pada mata yang lama kelamaan gumpalan tersebut bertambah sehingga ketajaman penglihatan berkurang. 

Katarak ini terjadi karena faktor usia. Katarak muncul ketika usia lebih dari 45 tahun. Satu-satunya yang harus dilakukan pada penderita katarak adalah dilakukannya tindakan operasi. Katarak tidak bisa disembuhkan melalui obat ataupun penggunaan kacamata. 

BACA JUGA :  Penyebab Kista Sebaceous, Pengobatan Rumahan dan Tips Pencegahan

Apabila pasien katarak telat mendapatkan penanganan dokter, maka akan menimbulkan kerusakan mata lebih lanjut bahkan sampai bisa mengalami kebutaan mata. 

Selanjutnya, tumor mata adalah benjolan yang tidak normal yang tumbuh di area mata. Tumor dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak (bintilan, tahi lalat dll) dan tumor ganas (kanker). 

Tumor ganas pada area luar mata memiliki ciri-ciri seperti

  1. Adanya benjolan di area mata dan memiliki kawah cekung di dalamnya. 
  2. Adanya benjolan di area mata berwarna hitam. 
  3. Adanya benjolan di area mata berwarna putih.
  4. Adanya benjolan berwarna putih kuning seperti lemak. 

Sedangkan untuk tumor ganas pada area dalam mata memiliki ciri-ciri yaitu adanya benjolan di mata dimana bentuk salah satu mata lebih menonjol dan besar daripada bentuk mata yang lainnya. Jika hal tersebut terjadi dapat dicurigai adanya tumor ganas di bagian belakang mata.

BACA JUGA :  Pimpin Rakoor Percepatan Penurunan Stunting, Wabup Pangandaran Pesan Begini Kepada Camat dan Kades

Jika mengalami gejala katarak dan tumor mata seperti yang sudah dijelaskan di atas, segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat dan lakukan konsultasi dengan dokter spesialis mata. Klinik Mata RSUD Pandega Pangandaran buka setiap hari Senin sampai dengan Sabtu.