Scroll to Continue
Peristiwa

Pabrik Pengolahan Kayu di Ciamis Di Lalap Si Jago Merah

533
×

Pabrik Pengolahan Kayu di Ciamis Di Lalap Si Jago Merah

Sebarkan artikel ini
kobaran api tampak melalap pabrik pengolahan kayu PT Korean Business Network (KBN) di jalan lingkar selatan, Bojong, Kabupaten Ciamis. Foto: Ist/JM

CIAMIS, JURNALMEDIA.ID – Diduga akibat korsleting listrik, dua unit bangunan pabrik pengolahan kayu PT Korean Business Network (KBN) di jalan lingkar selatan, Bojong, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat di lalap si jago merah, Selasa 15 Agustus 2023.

Karyawan yang panik mencoba memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), namun api sulit dikendalikan hingga menjalar ke bangunan produksi dan bangunan oven kayu.

“Kami menerjunkan lima unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dibantu oleh mobil damkar Kota Banjar yang berusaha memadamkan api dengan secepatnya,” kata Yusmana Kepala Damkar Ciamis kepada wartawan, Selasa 15 Agustus 2023.

Lantaran banyaknya material bahan yang mudah terbakar, Yusmana menyebutkan, api semakin membesar hingga atap bangunan pabrik ambruk. Karyawan mencoba mengevakuasi kayu olahan dari dalam gudang yang belum terbakar.

BACA JUGA :   TPT di Parigi Pangandaran Ambruk, 3 Orang Meninggal Dunia

“Beberapa kali unit kami harus keluar masuk area pabrik untuk mengisi air, namun api belum berhasil dijinakan,” ungkapnya.

Pedagang warung nasi yang tidak jauh dari pabrik, Dedeh menjelaskan bahwa kebakaran pabrik PT KBN ini sudah terjadi tiga kali.

“Kebakaran yang sekarang lebih besar dari dua kali kebakaran sebelumnya,” singkatnya.

Akibat kejadian ini, pihak pabrik mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Hingga beberapa jam api belum dapat dipadamkan. Unit Inafis Polres Ciamis, Polda Jabar pun turut datang ke lokasi untuk memastikan penyebab kebakaran pabrik pengolahan kayu tersebut.

Penulis: Ian Sule