Scroll to Continue
Berita

Peringati Hari Sungai Nasional, BBWS Citanduy dan Warga Bersihkan Sungai di Pangandaran

208
×

Peringati Hari Sungai Nasional, BBWS Citanduy dan Warga Bersihkan Sungai di Pangandaran

Sebarkan artikel ini
Peringati Hari Sungai Nasional, BBWS Citanduy dan Warga Bersihkan Sungai di Pangandaran.

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy bersama warga dan pelajar menggelar aksi susur serta membersihkan sungai Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis 27 Juli 2023. Aksi tersebut dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional (HSN) tahun 2023.

Berbekal peralatan kebersihan, petugas dan warga turun menyusur sungai Ciganjeng yang terlihat penuh sampah non organik dari limbah rumah tangga.

Scrool to Continue
Scrool to Continue

Pembersihan difokuskan pada sampah non organik, seperti sampah plastik. Nantinya sampah dikumpulkan untuk selanjutnya ditimbang dan dipilah lalu diserahkan ke BBWS Citanduy.

“Air merupakan sumber kehidupan, memasuki musim kemarau ini, kami bersama warga, pelajar dan TNI Polri sengaja melakukan pembersihan sungai untuk menjaga kualitas dan kuantitas air,” kata Satuan Kerja (Satker) Operasional dan Pemeliharaan Sumber Daya Air, BBWS Citanduy, Mujari kepada jurnalmedia.id, Kamis 27 Juli 2023.

BACA JUGA :   Bupati Ciamis Terima Penghargaan Tertinggi Bidang Pembangunan Pertanian dari Presiden RI

Selain peringatan Hari Sungai Nasional, kata dia, aksi susur dan membersihkan sungai Ciganjeng ini juga dalam upaya persiapan peringatan 10th World Water Forum yang akan digelar di Bali tahun depan.

“Semoga aksi ini bisa mengedukasi masyarakat agar lebih peduli dan menjaga kebersihan lingkungan sungai terlebih menjelang peringatan 10th World Water Forum di Bali nanti,” harapnya.

Mujari menyebutkan, aksi diisi pula dengan lomba melukis dan mewarnai yang diikuti oleh pelajar Taman Kanak-Kanak bertemakan lingkungan hidup.

“Aksi susur dan membersihkan sungai, kami juga melibatkan komunitas peduli lingkungan dan pemerintah Kabupaten Pangandaran,” pungkasnya.

Penulis: ATW