Scroll to Continue
Kesehatan

Renovasi Rampung, Bupati Ciamis Resmikan Pustu Cintanagara yang Sempat Viral Kumuh dan Rusak

217
×

Renovasi Rampung, Bupati Ciamis Resmikan Pustu Cintanagara yang Sempat Viral Kumuh dan Rusak

Sebarkan artikel ini
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melakukan cek tensi darah di Pustu Cintanagara. Foto: Ist/JM

CIAMIS, JURNALMEDIA.ID – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya resmikan operasionalisasi kembali Puskesmas Pembantu (pustu) Cintanagara yang telah selesai dibangun ulang atau renovasi pada Jum’at 25 Agustus 2023 bertempat di halaman Puskesmas Pembantu, Desa Cintanagara, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Sempat viral dikarenakan kondisi bangunan yang rusak parah sehingga pelayanan kesehatan di Desa Cintanagara dan sekitarnya menjadi terhambat kini telah di bangun ulang sehingga pelayanan akan kembali berjalan.

Hal tersebut disambut bahagia oleh masyarakat dikarenakan sebelumnya jarak tempuh dari desa mereka ke UPTD Puskesmas Kecamatan Jatinagara tergolong cukup jauh.

Dalam sambutannya, Herdiat mengatakan bahwa memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat merupakan hal yang paling mendasar bagi Pemerintah Daerah, Kecamatan, dan Desa.

BACA JUGA :   Begini Cara Orang Arab Memperbesar Alat Vital

“Ini merupakan pembangunan Non-Fisik yang menfaatnya tidak akan terasa secara langsung, tetapi akan terasanya di masa yang akan datang,” ucapnya.

“Sehingga Pemkab Ciamis sekarang ini sedang berfokus dalam pembangunan Non-Fisik yakni Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan, dikarenakan bagaimana mau membangun generasi yang akan datang kalau secara fisik, mental dan akhlaknya sakit,” imbuhnya.

Herdiat juga berpesan kepada para petugas kesehatan, agar terus termotivasi dan bersemangat menjalankan tugasnya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Semoga gedung puskesmas pembatu ini dapat dimanfaatkan secara optimal, dalam memberikan layanan bagi masyarakat Cintanagara dan sekitarnya,” katanya.

“Meskipun bangunannya tampak sederhana, namun mudah-mudahan masyarakat dapat memanfaatkannya dengan didorong pelayanan yang optimal,” tukasnya.

BACA JUGA :   Meski Menurun, Dinkes Pangandaran Minta Masyarakat Tetap Waspada Penyakit Leptospirosis

Sementara Kepala Dinas Kesehatan dr Yoyo dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemkab Ciamis pada saat ini akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Menurutnya, di Pustu Desa Cintanagara juga akan dipergunakan untuk sarana pelaksanaan Posyandu primer, dan pelayan kesehatan lainnya.

“Telah kita saksikan bersama beberapa tahun kebelakang pemerintah Kabupaten Ciamis terus berupaya dalam meningkatkan pelayan kepada masyarakat, termasuk upaya menghidupkan kembali pelayanan kesehatan di Desa Cintanagara ini salah satunya dengan membangun kembali Pustu ini,” katanya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK, Forkopimcam Jatinagara, para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan beserta tamu undangan lainnya.

Penulis: Alamsyah