Scroll to Continue
Ragam

Tradisi Perayaan Paskah Yang Identik Dengan Telur Paskah, Inilah Simbol, Asal Usul dan Maknanya

40
×

Tradisi Perayaan Paskah Yang Identik Dengan Telur Paskah, Inilah Simbol, Asal Usul dan Maknanya

Sebarkan artikel ini
Tradisi Perayaan Paskah Yang Identik Dengan Telur Paskah, Inilah Simbol, Asal Usul dan Maknanya

JURNALMEDIA.ID – Paskah, hari raya yang paling dinanti oleh umat Kristiani di seluruh dunia, adalah perayaan yang sarat dengan makna dan tradisi serta identik dengan telur paskah. Di balik keceriaan pencarian telur dan kebersamaan saat makan malam, tersembunyi lapisan-lapisan makna mendalam yang telah diwariskan turun-temurun.

Kebangkitan yang Menjadi Harapan

Paskah tidak hanya sekedar perayaan, tetapi juga simbol dari kebangkitan dan harapan. Kebangkitan Yesus Kristus menjadi pusat dari perayaan ini, mengingatkan kita semua akan pesan tentang kemenangan hidup atas kematian, cinta atas kebencian.

Telur Paskah: Simbol Kebangkitan dan Kehidupan Baru

Telur Paskah, atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Easter Egg, merupakan salah satu simbol paling ikonik dari perayaan Paskah. Tradisi menghias telur ini tidak hanya menarik bagi anak-anak, tetapi juga bagi remaja dan orang dewasa, yang mengisi telur dengan warna-warni cerah sebagai ekspresi kreativitas dan kegembiraan.

BACA JUGA :   11 Weton Tulang Wangi: Apa Saja Keistimewaan dan Kelebihan Mereka?

Asal Usul Tradisi Telur Paskah

Menurut sejarah, tradisi menghias telur bermula dari abad ke-13, di mana telur dianggap sebagai simbol kuno kehidupan baru. Dalam konteks Kristen, telur Paskah mewakili kebangkitan Yesus dari kubur, menandai berakhirnya masa penebusan dosa dan puasa, dan dimakan sebagai bagian dari perayaan Paskah.

Kegiatan Menghias Telur

Di Indonesia, kegiatan menghias telur Paskah menjadi momen yang menyenangkan dan penuh sukacita. Di GMIT Talitakumi, Kupang, misalnya, anak-anak hingga remaja antusias mengikuti perlombaan menghias telur, menciptakan suasana ramai yang mewarnai rangkaian kegiatan Paskah.

Makna Telur Paskah bagi Umat Kristiani

Bagi umat Kristiani, telur Paskah bukan hanya hiasan. Ini adalah simbol kebangkitan dan hidup baru, yang mengingatkan akan kemenangan hidup atas kematian dan cinta atas kebencian. Telur Paskah juga sering disebut sebagai “telur kebangkitan,” yang menandakan awal dari kehidupan baru dan harapan.

BACA JUGA :   Waktu, Niat, Tata Cara Sholat Taubat dan Doa-doa yang Dibaca

Tradisi Berburu Telur Paskah

Salah satu kegiatan Paskah yang paling populer adalah berburu telur Paskah. Anak-anak dan keluarga berkumpul untuk mencari telur yang telah disembunyikan, seringkali diisi dengan hadiah atau kejutan. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga mengajarkan nilai-nilai seperti kerjasama dan kegembiraan berbagi

Makan Malam Paskah: Kebersamaan yang Menghangatkan

Makan malam Paskah adalah saat di mana keluarga dan teman berkumpul, berbagi cerita dan kehangatan. Meja makan yang dipenuhi dengan hidangan lezat menjadi saksi bisu dari tawa dan canda, sekaligus doa dan harapan yang dipanjatkan bersama.