Berita

15 Ketua TP PKK dan Ketua Forikan Kecamatan di Ciamis Resmi Dilantik

351
×

15 Ketua TP PKK dan Ketua Forikan Kecamatan di Ciamis Resmi Dilantik

Sebarkan artikel ini

CIAMIS, JURNALMEDIA.ID – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, turut hadir dalam acara pelantikan dan pengukuhan TP PKK Kecamatan serta Ketua Forum Komunikasi Antar Keluarga (Forikan) Kecamatan yang berlangsung di Aula PKK Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa 14 November 2023.

Momentum ini juga digunakan untuk mengukuhkan 15 Bunda PAUD Kecamatan, 20 Bunda Literasi Kecamatan, 15 Bunda Genre Kecamatan, dan 15 Bunda Forum Anak Daerah (FAD) Kecamatan se-Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Herdiat menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan dan pengukuhan tersebut.

“Saya atas nama pemerintah daerah dan pribadi mengucapkan selamat atas pelantikan dan pengukuhan ini dan selamat mengemban tugas,” ucapnya.

Dia juga meminta ketua TPP PKK dan Ketua Forikan yang dikukuhkan untuk membantu pemerintah daerah di tingkat kecamatan. Juga menekankan pentingnya persiapan sejak dini untuk mencapai visi tahun 2045 sebagai generasi emas.

BACA JUGA :  Bhabinkamtibmas Polsek Pameupeuk Monitoring Luapan Sungai di Kampung Sekeawi

“Bahwa asupan gizi menjadi kunci dalam mengatasi stunting, merinci bahwa intervensi pemerintah harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat hingga tingkat RT,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Ciamis ini juga menginformasikan permasalahan yang dihadapi saat ini, termasuk peningkatan kasus HIV dan tuberkulosis di Kabupaten Ciamis.

Ia menekankan perlunya intervensi bersama untuk mengatasi permasalahan seperti stunting, HIV, TBC, dan malaria demi mewujudkan generasi emas 2045 di Kabupaten Ciamis.

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Herdiat, menyatakan bahwa pelantikan dan pengukuhan ini sebagai awal pengabdian dalam tugas baru dengan tantangan yang membutuhkan kreativitas dan inovasi.

“Ketua TP PKK Kecamatan harus mampu menjalankan 10 program PKK, terutama dalam mencapai target new zero stunting di Kabupaten Ciamis,” sebutnya.

BACA JUGA :  Mendukung Keamanan Selama Nataru,ORARI Kota Banjar Dirikan Posko

Hj. Kania juga memberikan saran praktis, seperti meningkatkan konsumsi ikan bagi anak-anak, karena protein dalam ikan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang mereka.

Selain itu, ia menyoroti pentingnya pemenuhan hak-hak anak, termasuk kesiapsiagaan menghadapi bencana, pencegahan perkawinan usia anak, dan promosi hidup sehat tanpa rokok. Pelantikan dan pengukuhan ini dianggap sebagai langkah awal dalam menghadapi tugas baru dengan kreativitas dan inovasi. (*)