Scroll to Continue
Berita

514 Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Resmi Dilantik,  Termasuk Tiga Pimpinan Bawaslu Pangandaran

1108
×

514 Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Resmi Dilantik,  Termasuk Tiga Pimpinan Bawaslu Pangandaran

Sebarkan artikel ini

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – Sebanyak 514 anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Indonesia termasuk didalamnya Bawaslu Kabupaten Pangandaran resmi dilantik Bawaslu Republik Indonesia.

Tiga orang Bawaslu Kabupaten Pangandaran dari 514 orang juga dilantik pada waktu yang sama, dari ketiga pimpinan Bawaslu Kabupaten Pangandaran itu, 2 orang merupakan petahana dan 1 orang adalah pendatang baru. Dua petahana yang dilantik adalah Iwan Yudiawan dan Gaga Abdilah Syihab, keduanya merupakan pimpinan Bawaslu Kabupaten Pangandaran periode 2018-2023.

Adapun satu pendatang baru yakni Ade Ajat Sudrajat yang merupakan Koordinator PKH Kabupaten Pangandaran dan pernah menjadi Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Tahun 2008-2009 dan Komisiner Panwaslu Kecamatan Langkaplancar Periode 2012-2013.

Formasi keanggotaan Bawaslu Kabupaten Pangandaran yang baru ini tertuang dalam Surat Pengumuman Bawaslu RI Nomor 2573.1/KP.01.00/K1/08/2023 tentang Pengumunan Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Terpilih Masa Jabatan 2023-2028. Mereka dilantik di Hotel Pullman Jakarta pada Sabtu 19 Agustus 2023.

BACA JUGA :   Berikan Rasa Aman kepada Para Siswa dan Masyarakat, Polsek Cimerak Lakukan Strong Point Pagi

Ketua Bawaslu Pangandaran Periode 2018-2023, Iwan Yudiawan mengungkapkan pihaknya membutuhkan waktu usai pelantikan untuk melaksanakan pleno memilih ketua dan menyusun pembagian divisi dan koordinator wilayah (korwil) untuk memudahkan pengawasan Pemilu 2024.

Setelah kurang lebih satu hari setelah pelantikan, Iwan menjelaskan bahwa posisi Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran kembali dipercayakan kepadanya. Dalam pleno ketiga pimpinan dengan suara bulat bermufakat untuk memilih saya kembali.

“Kami sepakat mempertahankan apa yang sudah baik dan bersama-sama meningkatkan kinerja kami untuk lima tahun ke depan,” ungkap Iwan dalam keterangan tertulisnya yang masuk redaksi, Rabu 23 Agustus 2023.

Menurut Iwan, untuk Bawaslu Kabupaten/Kota yang mempunyai 3 Komisioner, Jabatan Ketua merangkap Koordinator SDM Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) dan Datin. Pleno juga menyepakati Gaga Abdilah Syihab sebagai Koordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, kemudian Ade Ajat Sudrajat sebagai Koordinator Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat.

BACA JUGA :   Wawali Kota Banjar Buka Kegiatan Bimtek Pengolahan Daur Ulang Sampah Organik

“Sedangjan saya sendiri mengkoordinir wilayah kecamatan Sidamulih, Parigi, Cijulang, dan Cimerak, sementara Pak Gaga mengkoordinir wilayah Kecamatan Padaherang, Mangunjaya, dan Kalipucang, terakhir Pak Ade mengkoordinir Wilayah Kecamatan Pangandaran, Cigugur, dan Langkaplancar,” paparnya.

Pada Pemilu Tahun 2024 ini, sambung Iwan, bahwa Bawaslu Kabupaten Pangandaran akan terus meningkatkan kualitas pemilu melalui pengawasan, pencegahan dan penindakan yang lebih optimal juga mendorong semua pihak untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan pengawasan sebagai pengawas partisipatif.

“Seluruh komponen masyarakat, stakeholder dan pemangku kepentingan Kabupaten Pangandaran mari bahu-membahu menjaga keberlangsungan Pemilu di Kabupaten Pangandaran dengan kondusif dan sejuk sehingga melahirkan pemimpin yang berkualitas,” pungkasnya.

Penulis: dry