Kesehatan

7 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

283
×

7 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Sebarkan artikel ini
7 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

JURNALMEDIA.ID – 7 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan. Buah alpukat adalah salah satu buah yang populer di Indonesia. Buah ini memiliki tekstur yang lembut, rasa yang enak, dan warna yang menarik. Tidak hanya itu, buah alpukat juga memiliki kandungan gizi yang luar biasa, seperti vitamin, mineral, serat, lemak sehat, antioksidan, dan lain-lain. Dengan kandungan gizi yang begitu kaya, buah alpukat tentu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat buah alpukat untuk kesehatan? Berikut adalah 7 manfaat buah alpukat yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat buah alpukat yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan jantung. Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Kolesterol LDL yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah jantung dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, mengonsumsi buah alpukat secara teratur dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah kolesterol dan jantung.

Selain lemak tak jenuh tunggal, buah alpukat juga mengandung kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi. Hipertensi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Dengan mengonsumsi buah alpukat, Anda dapat membantu menjaga tekanan darah Anda tetap normal dan sehat.

BACA JUGA :  Cara Meredakan Flu dengan Bahan Alami

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol. Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti gangguan penglihatan, kerusakan saraf, penyakit ginjal, dan lain-lain. Untuk mencegah dan mengatasi diabetes, Anda perlu mengatur pola makan Anda dengan baik. Salah satu makanan yang baik untuk penderita diabetes adalah buah alpukat.

Buah alpukat mengandung serat yang dapat membantu menurunkan penyerapan gula darah dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Serat juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Selain serat, buah alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin. Insulin adalah hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah alpukat, Anda dapat membantu mengendalikan diabetes Anda dengan lebih baik.

BACA JUGA :  Sukses Penanggulangan Stunting, Pemkot Banjar Raih Penghargaan Nasional

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ tubuh yang penting dan perlu dijaga kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah alpukat. Buah alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis antioksidan yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit pada mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Lutein dan zeaxanthin juga dapat membantu menyerap cahaya biru yang berbahaya bagi mata. Cahaya biru adalah cahaya yang dipancarkan oleh layar gadget, komputer, televisi, dan lampu LED. Paparan cahaya biru yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan mata, gangguan tidur, dan penurunan penglihatan. Dengan mengonsumsi buah alpukat, Anda dapat membantu melindungi mata Anda dari efek buruk cahaya biru.