Scroll to Continue
Berita

Antusias Ribuan Masyarakat Saksikan GEC, Ini Pesan Pj. Bupati Ciamis

69
×

Antusias Ribuan Masyarakat Saksikan GEC, Ini Pesan Pj. Bupati Ciamis

Sebarkan artikel ini

CIAMIS, JURNALMEDIA.ID Galuh Ethnic Carnival (GEC) yang merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ciamis setiap tahunnya Kembali digelar, Selasa 11 Juni 2024. Dengan menyajikan hiburan dan pengetahuan betapa kayanya Kesenian di Tatar Galuh Kabupaten Ciamis.

Helaran ini menampilkan kesenian arak-arakan yang banyak berkembang di Kabupaten Ciamis. Memamerkan kesenian dengan keunikan, nilai artistik, dan keeksotisannya kepada setiap masyarakat di Kabupaten Ciamis maupun luar Kabupaten Ciamis.

Hal ini sebagai salah satu media promosi memperkenalkan seni budaya, industri kreatif dan perdagangan di Kabupaten Ciamis dengan menampilkan ciri khas potensi Daerah.

Diketahui Bersama bahwa Galuh Ethnic Carnival ini merupakan kegiatan penunjang dalam rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Ciamis ke 382. Antusias Masyarakat dari berbagai kalangan pada tahun ini tidak kalah dengan tahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA :   Lari 21 Kilometer, Ini Cara Komandan Subdenpom III/2-4 Rayakan HUT Kota Banjar

Arak-arakan Galuh Ethnic Carnival dimulai dari Kantor Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis Jalan Iwa Kusumasomantri. Kemudian menuju Jalan Samuji ke Stadion Galuh, selanjutnya ke Gayam, ke Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Tentara Pelajar.

Adapun titik akhir arak-arakan bertempat di Halam Pendopo Bupati Ciamis dengan menampilkan pertunjukan kesenian dari berbagai kecamatan dan di sambut juga saksikan oleh Pj. Bupati Ciamis, Unsur Forkopimda, Sekda Ciamis, para Kepala SKPD dan seluruh masyarakat yang memadati halaman pendopo.

Pj. Bupati Ciamis, Engkus Sutisna mengungkapkan harapan kebudayan dan kesenian yang ada di Kabupaten Ciamis dari berbagai daerah ini dapat lebih dikenal oleh seluruh masyarakat dan dapat dimunculkan di Provinsi bahkan Nasional.

BACA JUGA :   Relawan Prabowo Gibran dan Relawan De Facto Iwan Bulle Bagikan Puluhan Sembako Untuk Warga Tuna Netra

“Mudah-mudahan kedepannya kebudayaan dan kesenian dari Ciamis selain dikenal oleh masyarakat juga dapat dimunculkan di kancah lebih tinggi lagi,” terangnya.

Lebih lanjut, Engkus mengajak kepada seluruh masyarakat dan para penggiat budaya untuk lebih munculnya kebudayaan dan kesenian milik Ciamis.

“Kalau bukan kita orang Ciamis siapa lagi,” tukasnya.

Sementara Sekretaris Daerah Ciamis Andang Firman Triyadi menyebutkan bahwa GEC ini merupakan gelaran ke 5 yang diselenggarakan oleh Pemkab Ciamis. Ia juga menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat yang telah antusias pada kegiatan tersebut.

“Pada GEC yang kelima ini merupakan pesta rakyat dan juga untuk rakyat, mudah-mudahan ini menjadi hadiah dalam menyambut hari jadi Ciamis ke 382 yang berasal dari seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA :   Misteri Penemuan Mayat Perempuan di Banjar Terkuak, 3 Tersangka Diamankan

Andang juga menyebutkan bahwa Jumlah kesenian yang terlibat dalam GEC ada 22 Jenis kesenian yang ditampilkan, seperti Wayang Landung Panjalu, Pontrang Cimaragas, Mengmleng Winduraja, Mabokuy Rajadesa, Bebegig Sukamantri, Singa Lugay Sukadana,Buta Kararas Panjalu, Barongan dari Purwadadi.

“Selain itu juga ada dari luar daerah Wayang Geugeus dari Kota Banjar, seni Raja Dogar dari Kabupaten Garut dan Marching Band Gita Satya Bahari dan Liong AKMI Suaka Bahari dari Cirebon,” tandasnya. (**)