Parlemen

Bapemperda DPRD Pangandaran Gelar Seminar Naskah Akademik Raperda Inisiatif 2024

41
×

Bapemperda DPRD Pangandaran Gelar Seminar Naskah Akademik Raperda Inisiatif 2024

Sebarkan artikel ini
Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2022 Disetujui oleh Enam Fraksi di DPRD Pangandaran. Foto:doc.JM

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Pangandaran melakukan Seminar Naskah Akademik (NA) dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif DPRD Tahun 2024.

Seminar NA dan Raperda dibuka oleh Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Panagndaran Jalaludin, S.Ag. di Ruang Paripurna.

Pada acara Seminar NA dan Raperda ini, Bapemperda mengundang Narasumber, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Stakeholder yang terkait dengan NA dan Raperda yang dibahas.

Diundang pula Direktur LPPM Universitas Sanggabuana Bandung, Dr. Nenny Hendajany, S.SI.,S.E.,M.T sekaligus memberi sambutan sebagai pihak yang turut terlibat dalam penyusunan NA dan Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Panagndaran Tahun 2024.

Terdapat Empat Sesi yang dipandu oleh Joane Irwan Suwarsa, S.IP.,M.Si (Ketua Bapemperda) dan Darsum Darmawanto, S.E.,MM (Wakil Ketua Bapemperda) sebagai moderator dalam kegiatan Seminar NA dan Raperda yang berjumlah 4 buah.

BACA JUGA :  Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Pangandaran, Oman Rohman Kebanjiran Ucapan Terimakasih dari Masyarakat

Sesi Pertama membahas NA dan Raperda tentang Badan Usaha Milik Desa dengan narasumber Ricky Rynaldi Maulana, S.IP.,M.AP. Pada sesi ini, turut mengundang DINSOS PMD, Bagian Pemerintahan Setda, Bagian Hukum Setda, Ketua APDESI, Ketua Forum BPD, Ketua PPDAPM, Ketua Forum BUMDES, Ketua Forum UPK, dan HIPMI.

Sesi Kedua membahas NA dan Raperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan dengan narasumber Nur Imam Taufik, S.IP.,MM. Pada sesi ini turut mengundang DISPUSIP dan Bagian Hukum Setda.

Sesi Ketiga membahas NA dan Raperda tentang Tata Kelola Area Sumur Resapan Air Pada Tempat-Tempat Tertentu dengan narasumber Achmad Sodik, S.H.,M.H. Pada sesi ini turut mengundang DPUTRPRKP, Dinas Pertanian, DLHK, Bagian Hukum Setda, Komunitas Satu Pohon, dan Ketua APDESI.

BACA JUGA :  DPRD Pangandaran Dukung Penerbangan dari Bandara Kertajati ke Nusawiru

Sesi Keempat membahas NA dan Raperda tentang Penyelenggaraan Pasar Rakyat dan Penataan Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan demagn narasumber Harun Surya, S.H., M.H. Pada sesi ini turut mengundang DISKOPDAGIN, Bagian Perekonomian Setda, Bagian Hukum Setda, 3 Himpunan Pedagang Pasar Pemda (Pasar Pananjung, Pasar Parigi, dan Pasar Kalipucang), Pelaku Usaha Toko Swalayan, serta HIPMI.

Setelah dilakukan Seminar, Keempat NA dan Raperda tersebut kemudian akan dibahas oleh DPRD Kabupaten Pangandaran baik melalui Komisi atau oleh Panitia Khusus (Pansus) untuk menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran. (**)