Scroll to Continue
Berita

Bupati dan Disdikpora Dorong Pendirian SMA Negeri 2 Pangandaran

84
×

Bupati dan Disdikpora Dorong Pendirian SMA Negeri 2 Pangandaran

Sebarkan artikel ini
Bupati dan Disdikpora Dorong Pendirian SMA Negeri 2 Pangandaran

JURNALMEDIA.ID – Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) mendorong pendirian sekolah baru tingkat SMA Negeri di Kabupaten Pangandaran. Hal ini dikonfirmasi oleh Supri, Kepala Bidang SMP Disdikpora, saat dimintai keterangan pada 27 Februari 2024.

 

Menurut Supri, Bupati H. Jeje Wiradinata telah menempuh prosedur yang disyaratkan untuk pendirian SMA Negeri 2 Pangandaran, salah satunya adalah mengirimkan surat ke Penjabat Gubernur Jawa Barat dan pihak terkait lainnya.

 

“Untuk sekolah baru SMA Negeri 2 Pangandaran nantinya akan didirikan di wilayah Kecamatan Sidamulih, tepatnya di Desa Cikalong. Adapun lahan tanah untuk pendirian sekolah seluas 5 hektare,” ujar Supri.

 

Supri menambahkan, Kabupaten Pangandaran tinggal menunggu permintaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk melanjutkan proses pendirian sekolah tersebut.

BACA JUGA :   Di HUT Ke-72, Yonif Raider 323/BP Dapat Kejutan dari Kapolres Banjar 

 

“Kita sudah menempuh segala sesuatunya dan kita tinggal menunggu jawaban Pemprov Jabar. Jika sudah ada, maka tanah 5 hektar tersebut kita hibahkan untuk sekolah,” tegas Supri.

 

Supri juga menyampaikan kepada awak media bahwa untuk penerimaan siswa baru tahun ajaran mendatang, Disdikpora dan Pemkab Pangandaran akan berkoordinasi dengan KCD 13 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

 

“Jika sudah ada izin, kita buka untuk penerimaan siswa baru tahun ini. Kita siapkan ruangan untuk sementara waktu di SMA Negeri 1 Pangandaran. Selama proses pembangunan, para siswa SMA Negeri 2 akan dititipkan di sana. Jika sudah selesai, mereka akan pindah ke sekolah baru di Sidamulih,” jelas Supri.

BACA JUGA :   Kedatangan Ganjar Pranowo di Ponpes Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo Disambut Ribuan Santri

 

Di tempat terpisah, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pangandaran Sukirman saat ditemui pada 28 Februari 2024 mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik keberadaan SMA Negeri 2 Pangandaran.

 

Menurut Sukirman, posisi sekolah baru tersebut sangat pas lokasinya mengingat para pelajar yang berada di wilayah Kecamatan Sidamulih jauh jaraknya untuk ke SMA Negeri 1 Pangandaran. Selain itu, lokasi Sidamulih tidak termasuk ke daerah zonasi SMA Negeri 1 Pangandaran.

 

“Lebih jauh disampaikan oleh Sukirman bahwa dengan adanya sekolah SMA baru di Sidamulih, warga atau para pelajar SMP yang hendak melanjutkan ke SMA bisa terakomodasi. Para pelajar setingkat SMP dan sederajat lainnya banyak di wilayah Sidamulih dan pas jika mendaftar ke sekolah baru SMA Negeri 2 Pangandaran,” ungkap Sukirman.

BACA JUGA :   Jelang Idul Adha 2023, Distan Pangandaran Ajukan Sepuluh Ribu Dosis Vaksin LSD ke Provinsi Jabar

 

Sukirman juga menjamin bahwa pihaknya siap untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di SMA Negeri 2 Pangandaran.

 

“Kita siapkan para guru untuk mengajar di sekolah baru tersebut. Guru di sini sangat komplit. Jadi, jika murid baru dititipkan di sini, kita akan mendidik mereka seperti di SMA Negeri 1 Pangandaran,” pungkas Sukirman.

 

Sukirman berharap bahwa dengan adanya sekolah baru, tingkat pendidikan di Kabupaten Pangandaran akan maju dan akan lebih banyak lagi warga masyarakat, khususnya pelajar SMP, yang melanjutkan ke jenjang SMA.(Ntang SR)